Banyak Manfaatnya, Ini 7 Alasan untuk Nggak Buang Silica Gel

Selasa, 25 Februari 2020 | 11:55
sciencing.com

Berbagai manfaat silica gel

HAI-ONLINE.COM - Ketika kita membeli sebuah barang atau snack kemasan, pasti kerap kali kamu mendapatkan “bonus” berupa bungkusan kecil bernama silika gel.

Dalam sebuah produk non-makanan, silica gel dipercaya bisa membuat barang kamu nggak jamuran meski disimpan dalam waktu yang lama. Sedangkan kalau makanan, bisa membantu mengawetkan.

Sebenarnya benda ini punya banyak banget manfaat loh sob. Tapi beberapa orang lebih memilih untuk membuangnya.

Kalau kamu nggak percaya, langsung aja deh nih cek, kegunaan Silica Gel:

Mengeringkan perangkat elektronik

© gratzieabate / reddit © ianf2k13 / reddit

Kantong silica gel yang sering kamu buang itu bisa menyerap air loh sob. Jadi kalau misalnya earphone atau ponsel kamu kecebur, langsung aja masukan ke sebuah wadah dengan silica gel dan tunggu selama 3 hari. Auto kering!

Menghilangkan embun di windshield

Brightside

Berkendara di musim hujan gini betenya itu adalah kaca depan atau windshield tiba-tiba berembun dari dalam. Jadi kita harus bersihkan secara manual. Tapi kalau kamu letakan silica gel di dashboard, nggak bakal ada lagi deh embun di kaca depan.

Mengawetkan makanan

© spicymamas / reddit © CosmicFitness / reddit

Seperti yang perusahaan snack lakukan, kamu juga bisa membuat makanan lebih awet dengan meletakannya bersamaan dengan silica gel. Cobain sendiri deh.

Baca Juga: Kamu Bisa Pantau Lokasi Banjir di Jabodetabek Dari Situs Ini

Menjaga barang tetap bersih dan segar

© Asterisktec / reddit © unknown / imgur

Kalau kamu mau sepatu dan pakaian kamu terhindar dari bau meski nggak digunakan dalam waktu lama. Kamu harus memasukan silica gel bersamaan denganbarang itu sob. Karena silica gel bisa menghambat penyebaran bakteri dan jamur.

Menghindari korosi

Brightside

Untuk kamu yang sering menggunakan pisau cukur, wajib simpan pisau cukurnya di dalam wadah bersamaan silica gel nih. Karena silica gel bisa membantu pisau yang dari besi itu terhindar dari korosi akibat terkena air.

Mengawetkan hiasan bunga

© newfangled- / reddit © ayeo127 / reddit

Kamu bisa mengawetkan bunga dengan silica gel. Ambil wadah dan isi dengan silica gel. Lalu masukan bunga dan tunggu hingga 2-6 hari. Setelah itu kamu bisa singkirkan silica gelnya deh.

Membuang bau yang nggak sedap

© unknown / imgur

Silica gel bisa menutupi bau yang nggak sedap. Contohnya kalau ada lokasi di mana tercium bau yang nggak sedap setiap saat, coba letakan silica gel yang banyak dan ganti sesekali. Pasti aroma nggak sedapnya hilang.

Tuh sob, banyak banget kan manfaatnya? Jangan dibuang lagi deh mulai sekarang!

Editor : Al Sobry

Sumber : brigthside.me

Baca Lainnya