Jadi Salah Satu Penyakit Tertua, Cacar Pernah Ditemukan pada Mumi yang Sudah Ada Sejak 1580 Sebelum Masehi

By Tyas Wening, Rabu, 5 Februari 2020 | 18:00 WIB
Ilustrasi sakit (PRImageFactory/iStockphoto)

Bobo.id - Cacar air disebut sebagai penyakit yang banyak dialami oleh anak-anak. Apakah kamu juga pernah mengalami cacar air?

Ternyata cacar air termasuk dalam daftar salah satu penyakit tertua yang pernah dialami oleh manusia.

Ketika penyakit pertama kali diketahui dialami oleh manusia, beberapa penyakit dianggap sebagai penyakit yang berbahaya, misalnya flu.

Namun dengan berkembangnya ilmu kedokteran dan berbagai teknologi yang canggih, saat ini sudah ditemukan berbagai obat yang mampu mengobati berbagai penyakit yang tadinya dianggap sebagai penyakit yang parah.

Yuk, ketahui penyakit apa saja yang termasuk sebagai penyakit tertua!

Baca Juga: Ada 7 Hari dalam Seminggu, Bagaimana Asal Mulanya?

Cacar

Tahukah teman-teman? Ternyata cacar yang banyak menyerang saat seseorang masih kecil ini merupakan salah satu penyakit tertua, lo.Pembuktian cacar sebagai salah satu penyakit tertua ada pada penelitian yang dilakukan oleh paleopatologis bernama Sir marc Armand Ruffer yang dilakukan pada mumi-mumi Mesir di bukunya yang terbit pada tahun 1921.Pada bukunya yang berjudul Studies of the Paleopathology of Egypt, Sir Marc menggambarkan ada tiga mumi yang ditemukan memiliki lentingan berbentuk kubah di tubuhnya, yang sangat mirip dengan penyakit cacar yang ada saat ini.