15 Lagu Indonesia Paling Ikonik Sejak Dekade 1990-an

Senin, 06 Januari 2020 | 14:30
Kolase HAI-ONLINE.COM

15 Lagu Indonesia Ikonik Sejak Era 1990-an

HAI-ONLINE.COM - Musik Indonesia terus bersuara. Nggak terjebak dalam satu masa, lagu-lagu terus bermunculan dan memberi nyawa untuk yang mendengar. seperti lagu-lagu penuh kedalaman makna dan kekuatan.Sejumlah lagu malah punya usia lebih panjang dibanding karya lain. Bahkan, ada yang berubah jadi lagu ikonik. Sampai sekarang pun masih didengerin. Kayak Berharap Tak Berpisah dari Reza tuh.Berikut ini 15 lagu Indonesia ikonik versi HAI:

Baca Juga: R14, Lagu Sore yang Didedikasikan untuk Perjuangan Ria Irawan

Iwa K - Bebas (1994)

Rapper satu ini menjadi terkenal di belantika musik Indonesia lewat single Bebas. Lagu ini jadi hits di berbagai media, terutama di televisi melalui video klipnya karena didukung oleh banyak artis terkenal. Video klip Bebas juga menjadi cikal bakal melambungnya nama Rizal Mantovani sebagai salah satu sutradara video klip ternama. Sweet Martabak - Tididit (1997)Lagu rap yang hampir semua orang tahu pada masanya. Lagu ini menceritakan tentang kehidupan seseorang dengan pager-nya. Mulai dari di rumah sedang santai, lalu pager berbunyi karena mendapat pesan dari si Bos yang menyuruh ke kantor. Memang, saat itu ponsel masih merupakan barang langka dan lebih banyak orang punya pager.Neo - Borju (1999)Tahun-tahun ini memang sedang zamannya hiphop. Neo salah satu musisi hiphop yang muncul. Lagunya menceritakan seorang yang kaya raya, namun kelakuannya belagu. Pada bagian reff, Neo menghujat si orang kaya tersebut dengan kata-kata seperti sok tahu, belagu, dan yang paling oke, muke lo jauh!Potret - Bunda (2001)Berani jamin, nggak ada yang nggak kenal sama lagu ini. Dipakai di mana-mana, mulai dari acara motivasi, menjadi back song di beberapa siaran televisi, hingga soundtrack wajib saat hari ibu. Ini merupakan single ketiga Potret. Dengan lagu ini, sayap Potret pun semakin melebar di dunia musik Indonesia.

Alam - Mbah Dukun (2002)Salah satu lagu dangdut yang populer di kalangan anak muda (yang biasanya jarang mendengarkan lagu dangdut). Alam memang dikenal dengan penyanyi beraliran dangdutmetal. Lagu ini menceritakan tentang orang yang lagi jatuh cinta dengan anak Kepala Desa dan minta bantuan dukun untuk membuat cintanya lancar.

Peterpan - Semua Tentang Kita (2003)

Lagu Peterpan memang banyak yang ikonik, tapi mungkin Semua Tentang Kita yang paling berkesan. Karena bukan cuma ikonik, lagu ini juga jadi standan nyetem gitar oleh berbagai gitaris amatir.

Mbah Surip - Tak Gendong (2003)Lirik yang agak nyeleneh yang sangat jadi hits pada masanya. Lagu reggae ini sebenarnya buatan tahun 1983 saat Mbah Surip masih di Amerika Serikat, meskipun banyak yang menganggap pernyataan tersebut sebagai gurauan. Lagu ini juga, lah, yang melejitkan nama Mbah Surip di belantika musik Indonesia. Setelah meninggalnya Mbah Surip pada 2009, sempat beredar rumor bahwa lagu Tak Gendong merupakan hasil plagiat dari Raunchy, salah satu lagu rock and roll instrumental yang populer pada tahun 1957 karya Billy Vaughn, seorang berpaspor Amerika Serikat. Namun, pengamat musik, Bens Leo, menyatakan kalau itu bukan merupakan hasil jiplakan.Steven & The Coconuttreez - Welcome To My Paradise (2005)Dengan mengusung musik reggae, lewat lagu ini Steven & Coconut Treez membahas mengenai orang-orang yang fighting each other, saling benci, dan sebagainya. Yang mengisi drum adalah Agung Yudha, eks-drummer Powerslaves yang juga personel Dewa 19.

Nidji - Laskar Pelangi (2008)Single yang menjadi soundtrack film fenomenal Laskar Pelangi ini merupakan yang paling terkenal dari lagu-lagu yang terdapat di album Ost. Laskar Pelangi. Nidji mengemas lagu yang penuh makna ini dengan sederhana dan mudah diingat. Selain itu lagu ini juga merupakan salah satu lagu yang mendorong majunya pendidikan di Indonesia.Saykoji - Online (2009)

Siapa sangka lagu ini jadi hits banget di tengah booming-nya media sosial Facebook yang sedang digandrungi masyarakat saat itu. Lagu ini akhirnya jadi semacam anthem anak-anak muda yang doyan banget nongkrong depan komputer atau ponsel untuk online. Melalui lagu ini pula Kaskus juga terangkat namanya.Cherrybelle - Beautiful (2012)Sepanjang tahun lagu ini sukses meroketkan nama Cherrybelle di musik Indonesia. Lirik positif dan nada yang catchy membuat lagu ini mudah untuk diterima oleh telinga pendengar musik lokal.Superman Is Dead - Sunset di Tanah Anarki (2013)"Ini adalah dua kata yang sangat bersebrangan, 'sunset' adalah simbolisasi untuk keindahan Indonesia, sedangkan 'tanah anarki', memperjelas kalau anarki bukan berarti kekacauan, anarki adalah sebuah perlawanan dalam keadaan tertindas," jelas Eka Rock kepada HAI.Saking ikoniknya, lagu ini nggak cuma dinikmati oleh Outsiders atau fans musik rock. Via Vallen pun mengcover lagu ini, hingga akhirnya berurusan dengan SID.

Rizky Febian - Kesempurnaan Cinta (2015)Dengan lagu yang easy listening serta lirik lagu bertema cinta-cintaan yang melekat banget sama anak-anak remaja membuat lagu ini nggak perlu waktu lama untuk meledak.

Rich Brian - Dat $tick (2016)Rich Brian a.k.a. Brian Imanuel, adalah rapper Indonesia yang namanya lagi dielu-elukan oleh masyarakat dunia.Semuanya berawal ketika ia merilis single Dat $tick yang kemudian dipuji oleh rapper-rapper dunia sekelas Ghostface Killah, Desiigner dan masih banyak lagi. Lagu yang awalnya cuma buat lucu-lucuan ini malah bikin Brian serius jadi rapper, dan kini namanya makin melambung.

Payung Teduh - Akad (2017)

Dari dengar suara terompetnya aja, lo pasti udah tau judul lagunya. Overplayed pada masanya, sampai jadi meme di mana-mana. Lagu ini pula yang berjasa bikin folk senja berhamburan.

.Feast - Peradaban (2018)Peradaban, menceritakan tentang tragedi bom di Surabaya yang terjadi pada 13 Mei 2018 silam. Tentu saja, tragedi yang kita harap jangan sampai terjadi lagi di negara kita. "Namun pada akhirnya tragedi tersebut hanya menjadi pelatuk untuk menulis lebih besar lagi––melihat keadaan dengan lebih makro, dan mencari hal-hal yang mungkin patut mendapat perhatian lebih," kata Baskara.Kini, Peradaban kayak udah jadi lagu wajib. Bukan buat Kelelawar saja. Tujuan .Feast buat bikin lagu yang dinyanyikan banyak orang sepertinya udah terwujud.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya