Pertunjukan Sirkus Tertua di Indonesia, The Great 50 Show Berakhir di 2020

Minggu, 15 Desember 2019 | 16:45

Pertunjukan Sirkus Tertua di Indonesia, The Great 50 Show Berakhir di 2020

HAI-online.com- Nggak semua orang punya kesempatan menyaksikan pertunjukan sirkus secara langsung, terlebih teman-teman millenial.
Selain jumlah pemain sirkus yang mulai langka saat ini, adanya larangan menggunanhan binatang sebagai bagian pertunjukan sirkus juga membuat bisnis hiburan ini redup redam.
Namun jangan khawatir, pertunjukan sirkus kreatif yang bertahan selalu punya cara untuk memukau penontonnya. Seperti Oriental Sirkus Indonesia yang sudah berdiri selama 50 tahun lebih. Sirkus ini sudah berkeliling ke berbagai pulau di Indonesia.
Baca Juga: Canggih Abis, Pengamen di Semarang Kini Terima Bayaran GoPay
Nah, dalam satu tahun terakhir, kita kita menikmati wahana sirkus ini dalam tur sirkus The Great 50 Show. Penampilan sirkus modern ini punya tampilan yang berbeda sengan sirkus tradisional.
"Kami membuat konsep baru, sirkus ini nggak pakai binatang lagi tetapi murni menampilkan klasikal akrobatik dikombinasikan dengan multimedia dan live band," ulasStephanie Tratama selaku Business Development Managet PT. Ananta Harsa Group yang menyelenggarakan sirkus The Great 50 Show, di Golf Island Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Minggu (15/12/2019).
Menurutnya, penonton sirkus masa kini lebih kritis sehingga daya tarik dalam pertunjukan sirkusbukan lagi binatang melainkan cerota pertunjukannya.
Chief Luiginni selaku Head of Operation The Great 50 show mengakui, masa keemasan sirkus sudah berlalu. Itu sebabnya sirkus ini bertransformasi menjadi sirkus kekinian yang menjual cerita dan aksi akrobatik dipadu latar multimedia dan live band.
"Ternyata bisa kok sirkustetap keren tanpa binatang," kata Chief bahwa pendukung acara The Great 50 Show melibatkan tim profesional dari seluruh dunia, termasuk Indonesia, Cina dan Mongolia.
Baca Juga: Peduli Hewan, Sirkus di Jerman Ganti Pertunjukan Hewan dengan Hologram 3D
"Kami optimis, sirkus modern akan meninggalkan kesan di hati masyarakat. Meski sudah banyak alternatif tontonan yang lebih modern, sirkut tetap menjadi tontonan yang memorable, bakal nyangkut di memori penontonnya karena kalo kita menonton sirkus itu kita bisa merasakan musik dan adegan langsung di depan mata," ungkapnya lagi.
The Great 50 Show Berakhir pada 2020 di PIK Jakarta

Merayakan lima puluh tahun eksistensi Oriental Sirkus Indonesia, dalam satu tahun terakhir ini tim sirkus pertunjukan The Great 50 Show telah dibawa ke beberapa daerah dan kota besar di Indonesia.

Pertunjukan ini dikemas dengan alur cerita menarik, mwnyerupai kisah Hadiman, sang pemain sirkus keliling yang juga pendiri Oriental Sirkus Indonesia.

"Cerita pertunjukan ini mengenai seorang anak lelaki yang bernama Noah, sebenarnya mirip cerota pal Hadi), dia ingin menjadi pemain sirkus profesional. Dengan mimpinya dia membangun sirkus di Indonesia," ulasnya.

Cerita Noah kecil berlangsung singkat, selanjutnya penonton akan dibuat terpukau dengan sajian musik dan nyanyian merdu yang disajikan secara live. Menyusul atraksi akrobatik silih berganti membuat penonton bertepuktangan alih alih terpukau dengan wahana lincah manusia sirkus.
Meski begitu, lanjut Chief, pertunjukan ini tidak selamanya menyajikan hal yang serupa, karenanya rangkaian show mereka dijadwalkan berakhir pada Januari 2020.

"Yap, sirkus ini digelar mulai 15 Desember 2019 sampai dengan 12 Januari 2020 nanti. Bagi saya, ini momen sentimental karena rangkaian pertunjukan ini jadi yang terakhir," terang Chief lagi.
Bukan tanpa sebab, The Great 50 Show mengakhiri turnya di Indonesia. Menurutnya, hiburan sirkus di Indonesia akan tetap ada meski disajikan dengan cara yang berbeda.
"Kita mau berkontemplasi membuat inovasi pertunjukan multimedia dan untuk membuat itu nggak bisa sambil berjalan. Kita rehat sebentar dan proses kreatif itu akan dimulai nanti (selepas show.red)," jelas Chief lagi.
"Kita mau buat farewel di sini bahwa untuk mencari oriental sirkus indonesia akan tidak ada lagi," ucapnya.
Meski begitu jangan bersedih, pasalnya meski ini menjadi pertunjukan terakhir, kualitas performance sirkus tidak mengecewakan.
Dengan durasi 2 jam berikut dengan interval 20 menit. Bakal ada dua acts dimana act pertama menampilkan perjalanan hidup Noah, dan act kedua pertunjukan yang memicu adrenalin.
"Kita mau celeberate kalo ini jadi pertunjukan sirkus yang terakhir. Makanya jangan sampai kelewat," pungkas Stephanie lagi.
Buat yang penasaran dengan pertunjukan sirkus kni, kalian bisa menyaksikan langsung pada hari Selasa-Minggu dengan jadwal: Selasa –Jumat, jam 19:00 WIB. Sementara, Sabtu–Minggu, pertunjukan dimulai jam 13:00, 16:00 dan 19:00 WIB.
Khusus tanggal 24 Desember 2019–5 Januari 2020, pertunjukan bakal digelar dua kali sehari, yaitu jam 16.00 WIB dan 19.00 WIB. Kemudian dari tanggal 6-12 Januari 2020 pertunjukan akan digelar Selasa-Jumat pada jam 19.00 WIB dan Sabtu Minggu pada jam 16.00 WIB dan 19.00 WIB.

Adapaun untuk harga tiketnya, koceknya dimulai dari Rp100 ribu hingga Rp350 ribu. Pengunjung bisa dapat diskon hingga 20% untuk pembelian tiket di PIK Avenue lantai 2 melalui kartu BCA atau Traveloka. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya