Pantes, Ini Alasan Mengapa Sisi Kiri Wajah Menghasilkan Foto yang Lebih Bagus Saat Selfie

Minggu, 03 November 2019 | 16:24
PIXABAY/XURHX

Ilustrasi selfie

HAI-Online.com -Selama ini, banyak orang merasa sisi kiri wajah mereka menghasilkan gambar yang lebih bagus ketika foto maupun selfie, jika dibandingkan dengan bagian kanan.

Disebut sebagaileft side bias atau bias sisi kiri, dalam sebuah studi psikologi, sejumlah ahli dari Australia mengatakan bahwa fenomena ini memiliki hubungan dengan bagaimana otak manusia memproses emosi.

Dosen senior di bidang neuropsikologi eksperimental di La Trobe University, Melbourne, Annukka Lindell pun lantas menelusuri media sosial Instagram dengan'#selfie', untuk menyelediki sisi wajah mana yang sering dipakai ketika mengambil swafoto.

Dari total 2.000 foto (1.000 cowok - 1.000 cewek) yang dianalisa,ada 779 foto selfie yang menampilkan sisi kiri wajah, 686 foto menunjukkan sisi kanan, sedangkan 535 foto sisanya diambil dari depan.

Baca Juga: Penyandang Disabilitas Ini Selalu buat Kostum Halloween Keren

Lindell menjelaskan,kecenderungan untuk melakukan pose serupa ketika selfie sudah menjadi kesadaran bagi tiap orang soal sisi manakah yang terbaik.

"Kecenderungan untuk berulang kali melakukan pose yang sama saat selfie menunjukkan bahwa hal tersebut sudah menjadi kesadaran mana sisi terbaik," tulis Lindell dalam studi yang terbit di jurnalFrontiers in Psychology, seperti dikutip dari Independent.

Sebelumnya,ahlidari Wake Forest University di Amerika Serikat juga sempat meminta orang untuk menilai sebuahfoto, dan sama seperti temuan Lindell, mereka lebih suka gambar yang menunjukkan pipikiri.

Temuan ini sendiri sama dengan dugaan sebelumnya, di mana sisikiriwajah terlihat lebih menarik karena dikendalikan otak bagiankananyang bertanggung jawab pada emosi seseorang.

Hmm, kalau kalian sendiri gimana sob? Merasa hasil foto selfie lebih bagus pas menampilkan sisi kiri wajah juga nggak sih? (*)

Tag :

Editor : Alvin Bahar

Sumber : Independent

Baca Lainnya