Bukan Cuma Keren, Ini Manfaat Fitur Dark Mode yang Lagi Ngetren

Selasa, 15 Oktober 2019 | 18:13
FoneArena

Instagram Dark Mode

HAI-Online.com - Belakangan ini, fiturdark modelagi nge-tren digunakan. Fitur yang menampilkan latar belakang berwarna hitam gelap dengan teks putih tersebut, muncul di beberapa aplikasi, media sosial, bahkan sistem operasi seperti iOS 13.

Beberapa aplikasi seperti Facebook dan WhatsApp pun saat ini sedang mengembangkan aplikasinya agar bisa menyusul memiliki fiturdark mode.

Nah, sebenarnya apa sih manfaat dari adanyadark mode ini buat kita sebagai pengguna?

Hemat BateraiHAI kutip dari Forbes, penelitian pada penggunaandark mode menunjukkan baterai padasmartphonejadi bisa bertahan lebih lama.

Dengan warna hitam, smartphone nggak perlu bekerja keras untuk menyalakan LED ataupun OLED yang ada di dalam layar. Sehingga energi yang dikeluarkansmartphonepun nggak begitu banyak.Namun, penghematan baterai ini lebih berfungsi padasmartphoneyang memiliki layar OLED.

OLED atauOrganic Light-Emitting Diodememang berbeda dengan layar LCD ataupun LED. Layar OLED dikenal lebih fleksibel dengan ketipisannya yang mencapai kurang dari 1 mm.

Pada layar OLED, piksel akan mati jika layar menampilkan warna hitam. Sehingga, jikadark mode diaktifkan, maka sebagian besar piksel di layar akan mati dan hal tersebut membuat baterai menjadi lebih hemat.

Baca Juga: Dian Sastro Beri Pesan untuk Awkarin: Don't Stop! Kamu Membanggakan

Mengurangi Kelelahan Pada Mata

Ketika mentap layarsmartphone, secara nggak sadar mata kita akan menjadi lelah. Apalagi, jika layarnyaterang. Hal tersebut menuntut mata kita jadi bekerja lebih keras dan membuat mata kita tegang.

Nah, adanya fiturdark mode, fokus kita terhadap layar menjadi lebih mudah dan secara otomatis, kelelahan atau ketegangan pada mata pun berkurang. Hal ini pun diyakini oleh Apple.

Saat perilisandark mode MacOS Mojave, Apple menyampaikanmode tersebut bisa membantu konsentrasi karena lebih nyaman di mata.

Meningkatkan Kemampuan Membaca

Yap, masih berhubungan dengan kelelahan pada mata, dengandark mode justru kemampuan fokus membaca kita menjadi meningkat. Hal ini juga disampaikan oleh jurnal dariTheImpact of Web Page Text-Background Color Combinations on Readability, Retention, Aesthetics, and Behavioral Intention.

Mereka menyampaikan bahwa kombinasi warna terang seperti putih, dengan latar gelap, bisa membuat seseorang menjadi lebih fokus.

Mengubah Mood Lebih Baik

Selain hal-hal yang terjadi di sekitar, ternyata sebuah warna juga bisa memengaruhimood kita loh. Berdasarkan ilmu psikologi, warna hitam sering melambangkan elegansi, formalitas, wibawa, dan kekuatan. Nah, dengan warna hitam tersebut, orang akan jauh lebih mudah memberikanmoodyang lebih baik karena akan lebih bisa berkonsentrasi,

Selain itu,mode yang gelap akan memberikan tampilan visual yang lebih menarik. Hal itu karena, gambar atau pun teks yang berwarna, akan terlihat lebih menonjol dari latar yang gelap.

Namun, penggunaandark mode inipastinya nggak sepenuhnya positif bagi semua orang. Sebuah penelitian menunjuukan bahwadark modeini nggak cocok buat mereka yang punya mata silinder atauastigmatisme.

Orang dengan mata silinder biasanya susah mendeteksi garis lurus, dan matanya sensitif terhadap cahaya. Penelitian dariUniversity of British Columbia mengatakan ssekitar 50% orang merasa lebih susah untuk membaca teks putih di hitam daripada teks hitam di putih

Selain itu,dark modejuga nggak cocok untuk mengoreksi sebuah tulisan. Penelitian dari Universitas Passau mengatakan bahwa layar putih justru membuat seseorang bisa mendeteksi kesalahan penulisan lebih cepat dibanding layar hitam.

(Lubna Shafira/HAI)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya