Kebiasaan Sepele Ini Bikin Panel Instrumen Digital Motor Cepet Rusak

Kamis, 03 Oktober 2019 | 17:45
Isal/GridOto.com

Speedometer NVL yang mengalami sunburn

HAI-online.com -Rusaknya penunjuk digital pada panel intrumen atau speedometer digital pada sepede motor bisa disebabkan oleh beberapa hal.

Salah satu penyebab hilangnyapenunjuk digital ini adalah akibat sunburn. Seperti namanya, sunburn merupakan paparan sinar matahari yang berlebih, yang kemudianmerusak panel instrument atau speedometer digital.

Ada beberapa penyebab panel instrument digital atauspeedometermengalami sunburn atau hilangnya penunjuk digital.

"Sebenarnya penyebabspeedometeratau panel instrumen digital sunburn itu sepele, yaitu dari posisi parkir,"ujar Angga Setiawan, owner bengkel spesialisHonda CS1,RSB Motorkepada GridOto.com.

Baca Juga: Bikin Pengendara Kesusahan Nyalain Motor Kalau Aki Tekor, Ini Alasan Kick Starter Absen di Matic Keluaran Terbaru

"Gejala awal biasanya buram, tapilama-lamaspeedometer atau panel instrumen digital nggak kelihatan," tambahnya.

Hal serupa juga disampaikanoleh pengguna Yamaha New V-ixion Lightning (NVL) bernama Murzak yang speedometer digitalnya mengalami sunburn.

"Parkiran kantor saya kebetulan memang terbuka, tanpa kanopi, jadi kalau lagi panas terik ya motor saya kepanasan," kata Murzak.

"Setelah tanya beberapa bengkel, katanya speedometer saya kena sunburn dan disuruh ganti baru," tambah pria yang kantornya di kawasan Volvo, Pasar Minggu, Jakarta Selatan ini.

Baca Juga: Beli karena Gengsi, Helm Motor Tiruan Bisa Bahayakan Nyawa Pengendara

Solusi gampangnya untuk mencegah sunburn adalah cari parkir motor yang teduh.

"Bisa parkir motor di bawah pohon, lebih bagus lagi parkir di tempat parkir yang ada kanopinya,pokoknyacari tempat parkir yang teduh," pungkas Angga.

Atau mungkin bisa juga menutup bagian panel indikator menggunakan kainsupaya nggak terpapar sinar matahari langsung ketika diparkir. (*)

Editor : Al Sobry

Sumber : Gridoto

Baca Lainnya