Fakta Habibie & Ainun 3: Butuh Teknik Khusus Agar Reza Rahadian Terlihat Lebih Muda

Jumat, 27 September 2019 | 19:05
Youtube MD Pictures

Trailer film Habibie & Ainun 3

Hai-Online.com - Rumah Produksi MD Pictures telah merilistrailer film Habibie & Ainun 3 pada Kamis (26/9/2019).

Produser Manoj Punjabi berharap film tersebut bisa menjadi warisan berharga dari Presiden Ketiga Republik Indonesia B.J Habibie untuk keluarga dan masyarakat Indonesia.

Akan tayang pada 19 Desember 2019 mendatang, berikut fakta menarik mengenai film Habibie & Ainun 3

1. Reza Rahadian kembali perankan Habibie dan pakai tubuh anak SMA

Sebelumnya, banyak yang nggak menduga kalau Reza Rahadian akan kembali memerankan sosok inspiratif tersebut. Pasalnya, film ke-tiga ini menceritakan tentang Habibie semasa muda sementara Reza telah memerankan Habibie di film pertama dan kedua.

Dilansir dari Kompas.com, dalamjumpa pers di XXI Epicentrum, Jakarta, sutradara Hanung Bramantyo mengatakan, awalnya Manoj menawarkan opsi lain untuk sosok Habibie muda. Namun, Hanung nggak menemukan aktor lain yang bisa menggantikan Reza sebagai Habibie.

Nah, dalam proses shootingnya, Hanung menjelaskan dia menggunakan teknis khusus untuk membuat wajah Reza terlihat lebuh muda. Yaitu dengan memasangkan tubuh anak SMA kepada Reza.

"Sebelumnya kita memotret Reza dengan 360 derajat dengan menggunakan kamera still foto, jadi kamera kita buat muter gitu," jelas Hanung.

"Terus kita foto bareng, kita akan mendapatkan strukturnya Reza sampai 360 derajat, terus ini kita tempel ke anak SMA itu," lanjutnya.

Bahkan Manoj awalnya menawarkan agar proses editing Habibie Muda dibawa ke Hollywood. Namun, Hanung meyakini dia bersama timnya dapat memberikan hasil yang terbaik.

Baca Juga: UNS Rilis Surat Edaran Supaya Mahasiswa Tetep Ngampus dan Nggak Demo

2. Jefri Nichol jadi kekasih Ainun

Banyak yang menduga justru Jefri Nichol lah yang memerankan Habibie. Namun ternyata, pada film ini Nichol berperan sebagai sosok pria yang mengejar Ainun di masa muda, bernama Ahmad.

Hanung mengatakan, bukan hal yang mudah untuk mendapatkan informasi tentang sosok kekasih Ainun di masa lalu.

"Saya dapat informasi banyak dari Bu Arlis sahabat Bu Ainun. Cuma soal pacar beliau atau seorang lelaki yang pernah hadir dalam hidup Bu Ainun, dia cuma bilang ada tapi saya tidak bisa bilang itu," kata Hanung.

Hanung pun mendapatkan informasi tentang sosok Ahmad dari Habibie sendiri saat masih hidup.

3. Anak pertama Habibie menangis saat pemutaran trailer

Anakpertama Habibie, Ilham Akbar, menangis saat menonton trailer film Habibie & Ainun 3.

"Gimana ya. terus terang saya menangis. Berat rasanya, saya stop dulu ya," kata Ilham dengan suara bergetar.

Setelah berbicara lagi, Ilham menjelaskan banyak adegan dalam trailer itu yang mengingatkan dia pada sosok ayahnya.

"Jelas ini sangat terharu, karena sebelumnya melihat dari sequence. Jadi film ini dan film sebelumnya itu adalah bagian daripada bagaimana kita sebagai bangsa dan keluarga ingat kepada Bapak," lanjutnya lagi.

(Lubna Shafira/HAI)

Editor : Alvin Bahar

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya