Viral Foto Busa Jok Motor yang Ditumbuhi Jamur, Begini Penjelasan Ahli

Kamis, 05 September 2019 | 13:30
IMGUR/BENPRIM265 via TWITTER/ALI_SURABAYAA

Foto busa jok motor ditumbuhi jamur yang viral.

HAI-Online.com -Baru-baru ini, pengguna media sosial tengah ramai memperbincangkan foto unggahan sobat Twitter dengan akun @ali_surabayaa mengenai busa jok motor yang ditumbuhi beberapa jamur.

Dalam postingan yang hingga kini telah di-retweet lebih dari 40 ribu kali tersebut, @ali_surabayaa terlihat menggunakan gambar tersebut untuk membuat jokes mengenai pemotor-pemotor jomblo yang jok motornya akan ditumbuhi jamur apabila nggak segera mendapatkan pasangan.

"Gara-gara single, tempat duduk belakang motornya dinaiki cendawan (jamur)," tulisnya dalam postingan yang dibagikan pada Selasa (3/9) kemarin.

Terlepas dari hal tersebut, emang bisa jamur tumbuh di busa jok motor sampai segitu gedenya? Menurut keterangan peneliti Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia (LIPI), Iwan Sakiawan, kejadian tersebut sangat kecil kemungkinannya untuk terjadi.

Baca Juga: Cuma Punya Uang Rp6 Juta? Deretan Motor Bekas Ini Boleh Jadi Pilihan

Pendapat itu muncul karena bahan utama jok motor merupakan latex (karet), sehingga jamur sendiri akan kesulitan tumbuh ataupun hidup pada tempat tersebut.

“Menurut saya agak susah. Bahan utama jok motor adalah latex (karet) bisa sintetis atau alami dari getah pohon karet. Busa jok itu komponen utamanya latex," ujar Iwan seperti yang dikutip HAI dari Kompas.com.

Lebih lanjut, Iwan menjelaskan bahwa jamur selama ini hanya tumbuh di media ataupun tempat dengan kriteria tertentu, salah satunya mengandung senyawalignocelullosa.

“Media tumbuh jamur adalah bahan organik yang mengandung senyawa lignoselullosa. Menurut saya busa tidak mengandung senyawa lignocelullosa," terangnya menambahkan.

Dari situlah, Iwan menyimpulkan bahwa foto yang pertama kali dibagikan akun Imgur bernama @benprim365 dengan keterangan "ketika kamu meninggalkan motormu di luar dalam kondisi Thailand yang tengah diguyur hujan dan berudara lembab" ini hanyalah editan semata.

"Kalau menurut saya itu editan," tutup Iwan ketika dimintai keterangan pada Rabu (4/9) malam.

Hmm, kalau menurut kalian sendiri gimana nih sob? Foto tersebut memang benar-benar ada atau cuma editan aja sih? (*)

Editor : Alvin Bahar

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya