Profesi 5 Bos Teknologi Sebelum Kaya Raya, Ada yang Pernah Kerja Nggak Dibayar

Jumat, 02 Agustus 2019 | 18:15
Business Insider

Elon Musk, CEO Tesla

HAI-online.com -Para petinggi perusahaan teknologi memang kerap mengisi jajaran orang terkaya di dunia.

Bahkan menurut Forbes, lima dari sepuluh orang terkaya di dunia pada tahun 2019 ini adalah petinggi perusahaan teknologi.

Ada Jeff Bezos, pendiri Amazon yang merupakan orang terkaya di dunia dengan kekayaan setara Rp 1.830 triliun. Lalu ada Bill Gates, Marc Zuckerberg dan lainnya.

Meski kini hidup mereka sudah lebih dari cukup,ternyata nggak semua bos teknologipunya masa lalu yang indah. Tak sedikit dari mereka yang memulai karier dari tingkat terbawah.

Berikut ini pekerjaan-pekerjaan yang dilakoni sejumlah bos perusahaan teknologi sebelum mereka kaya raya, yang dirangkum dari Gadgetsnow.

Baca Juga: Jadi Orang Terkaya di Dunia, Jeff Bezos Habisin Uang untuk Jalan-jalan ke Luar Angkasa

Jeff Bezos - Amazon

Jeff Bezos saat ini tercatat sebagai orang terkaya di dunia versi Forbes. Namun, perjalanannya untuk mendapat predikat ini ternyata nggak gampang.

Bezos diketahui pernah bekerja di restoran cepat saji McDonalds ketika ia masih remaja. Kala itu ia dibayar sebesar 2,69 dollar per jam atau sekitar Rp 37.000.

Elon Musk - Tesla

Pecinta teknologi tentu tahu siapa Elon Musk. Ia kerap dijuluki sebagai "Iron Man" dunia nyata karena kemiripannya dengan karakter Tony Stark.

Sebelum mendirikan Tesla, sejak kecil ia ternyata sudah berkutat dengan bisnis teknologi. Pada usia 12 tahun Elon Musk pernah menjual kode sebuah video game berjudul Blastard.

Kevin Systrom - Instagram

Pengguna Instagram harusnya tau siapa dia. Ia adalah CEO sekaligus pencipta Instagram yang kini menjadi salah satu media sosial paling populer.

Sebelum menciptakan Instagram, ia ternyata bekerja di sebuah toko musik. Di sana, ia bekerja sebagai pramuniaga di toko tersebut.

Baca Juga: Bill Gates Nggak Lagi Jadi Orang Terkaya Kedua di Dunia, Ini Penggantinya!

Evan Spiegel - Snapchat

Sejak 2012, Evan Spiegel merancang aplikasi Snapchat sebagai proyek kuliahnya. Snapchat pun ternyata memiliki basis penggemar yang besar dan semakin berkembang sampai sekarang.

Ia pun kini menjabat sebagai CEO Snapchat. Namun ternyata jauh hari sebelum menjadi CEO, ia pernah bekerja tanpa dibayar di perusahaan minuman energi Red Bull.

Jack Dorsey - Twitter

Jack Dorsey dikenal sebagai pendiri sekaligus CEO Twitter. Iajuga masuk dalam jajaran miliarder muda versi Forbes.

Sebelum menjadi milarder, Dorsey bekerja sebagai pengembang web profesional. Uniknya, ia mengaku bahwa dirinya pernah meretas server perusahaan untuk mendapatkan pekerjaan pertamanya sebagai pengembang web.

Artikel ini telah tayang diKompas.comdengan judul "Pekerjaan Bos-bos Perusahaan Teknologi Sebelum Kaya Raya."

Editor : Alvin Bahar

Sumber : Kompas.com, Gadgets Now

Baca Lainnya