Ikut Tren Jadi Alasan Samsung Ganti Jack Audio 3.5 mm dengan USB C

Kamis, 18 Juli 2019 | 16:53

Ikut Tren Jadi Alasan Samsung Ganti Jack Audio 3.5 mm dengan USB C

HAI-online.com - Kemarin (17/7) Samsung kembali menghadirkan smartphone seri A ke Indonesia, dan yang terbaru ini adalah Galaxy A80. Si smartphone kelas atas yang terkenal punya sistem kamera pop-up rotate camera.

Baca Juga: Review Rotating Triple Camera 48 MP Samsung Galaxy A80 yang Udah Hadir di Indonesia!

Meskipun kamera muncul dan berputar itu menjadi spotlight dari Galaxy A80 ini, tapi ada satu lagi hal yang belum pernah ada -belum pernah hilang sih lebih tepatnya, di semua smartphone Samsung. Hal itu adalah hilangnya lubang jack audio 3,5mm.

Selama ini, Samsung selalu mempertahankan audio jack 3.5mm di setiap perangkatnya, bahkan flagship mereka yang terbaru pun, Galaxy S10, masih mengusung audio jack.

Terus apa sih yang membuat Samsung akhirnya memutuskan untuk melepaskan hal yang mereka pertahankan selama ini itu?

Hilang jack audionya

Merangkum dari Kompas.com, Samsung ingin mengikuti tren wireless yang mulai banyak diadopsi smartphone kelas atas. Samsung ingin menjajal tren fitur tersebut ke anak muda, yang menjadi target pasar Galaxy A80 itu sendiri.

"Jadi memang salah satu tren ke depan wireless. Kita mulai menghilangkan audio jack" Jelas Irfan Reynaldi, Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia yang Hai kutip dari KompasTekno.

Meskipun begitu, Samsung tetep kasih earphone kalau kamu membeli Galaxy A80 kok. Tapi Samsung juga nggak lupa menyertakan konektor USB type C.

Kalau menurut Hai sendiri sih, dihilangkannya audio jack 3.5mm bukan masalah yang besar sih selama vendor smartphone-nya menyematkan konektor/converter untuk USB type ke audio jack 3.5mm. (*)

Pasalnya, seperti yang kamu ketahui sendiri juga kalau mengisi daya sambil menggunakan earphone memiliki bahaya yang bukan main. Dengan hilangnya audio jack 3.5mm, kamu pun bisa terhindar dari bahaya tersebut.

Kalau menurut pendapat kamu sendiri gimana sob? (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya