5 Band yang Harus Lo Dengerin Kalo Mau Tau Depressive Suicidal Black Metal

Sabtu, 15 Juni 2019 | 21:00

Noctural Depression, Band DSBM.

HAI-ONLINE.COM – Sebagai subgenre dari black metal, Depressive Suicidal Black Metal (DSBM) juga punya band-band terbaik yang berada pada alirannya yang suram, gelap beserta keputusasaan lainnya.

Di sini HAI bakal kasih tau lima band DSBM yang udah nggak diragukan lagi di kalangannya.

1. Xastur

Band asal Belgia ini pertama kali diberi nama Bonebreak, yang dibentuk pada tahun 1993 oleh Amodeus (bass), Thamuz (vokal/gitar), Diabolus (drum) dan beberapa musisi lainnya. Namun setelah melalukan penampilan pertama mereka, tiga anggota pergi meninggalkan band Bonebreak.

Nah dari sana, band ini dilanjutkan oleh Thamuz, Asmodeus dan Diabolus dan lalu dibentuk Xastur di tahun berikutnya. Tema yang mereka angkat pun nggak jauh-jauh dari DSBM itu sendiri, kegelapan, kebencian, satanisme, kesendirian dan bunuh diri.

Baca Juga: Cek di Sini Cara Download dan Dengerin Lagu Baru Noah ‘Wanitaku’

2. Lifelover

Dibentuk pada 2005 oleh Jonas Bergqvist dan Kim Carlsson, band metal asal Swedia ini pun berpisah pada September 2011 setelah kematian Bergqvist yang berperan banget dalam band ini sebagai komposer utama.

Selain mengarungi genre DSBM, Lifelover juga menggabungkan beberapa genre ke dalam musik mereka, seperti: black metal, post-punk, dark ambient, doom metal dan gothic rock selain pengaruh lainnya.

3. Thy Light

Beranggotakan Paolo Bruno dan Alex Witchfinder, Thy Light merupakan band Brazil dengan genre Suicidal Black Metal.

Menyelami tema depresi, bunuh diri, rasa sakit dan nostalgia. Dibentuk pada tahun 2005, Paolo dan Alex pun masih mempertahankan keberadaan Thy Light hingga tahun 2018 lalu.

4. Noctural Depression

Merupakan band black metal dan black doom asal Prancis, yang didirikan oleh Herr Suizid (bass, gitar, drum) dan Lord Lokhraed (vokal) pada tahun 2004. Pada tahun itu juga Noctural Depression menerbitkan dua demonya Suicidal Thoughts dan Near to the Star, dilabeli oleh Whispering Night Productions.

Nocturan Depression menggabungkan elemen black metal dengan elemen noise, ambient dan musik doom metal. Dalam lagunya sendiri, ia membahas topik-topik kayak bunuh diri, kesedihan, depresi, rasa sakit, kematian.

Semua instrumen yang dimiliki oleh band ini dimainkan oleh Herr Suizid. Namun anehnya, Herr Suizid nggak pernah ikut berpartisipasi kalo ada konser yang menampilkan Nocturan Depression karena alasan pribadi.

5. Silencer

Band black metal asal Swedia yang berbasis di Stockholm ini hanya terdiri dari dua anggota. Dibentuk pada tahun 1995 dan dibubarkan pada tahun 2001 dengan hanya merilis satu album penuh dan demo.

Silencer terkenal karena Nattramn (vokalis) yang punya gaya vokal melengking yang menakutkan dan diduga gila. Sampai-sampai menimbulkan spekulasi kalo ia dimasukkan ke bangsal psikiatris setelah merilis album lengkapnya Death Pierce Me.

Tema rilisan musik Silencer berputar sekitar kematian, kemelaratan, kegilaan dan bunuh diri.

Walau karir musik Silencer ini pendek, tapi mereka dianggap sebagai salah satu band paling signifikan dalam genre DSBM, setelah mencapai pengikut kultus di black metal underground.

Penulis: Nada Aprillia

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya