Tanpa Musnahkan Setengah Populasi, Thanos Sebenarnya Bisa Ciptakan Keseimbangan di Alam Semesta

Rabu, 01 Mei 2019 | 16:30
Marvel Studios

Thanos menjentikan jari di Avengers: Infinity War

HAI-Online.com -Dalam film Avengers: Infinity War, kita melihat bahwa Thanosmemakaike-5 infinity stone untuk melenyapkan setengah populasi alam semesta dengan maksud menciptakan keseimbangan, mengingat jumlah sumber daya yang makin menipis tiap harinya.

Menanggapi hal tersebut, seorang astrofisikawan asal Amerika Serikat, Neil deGrasse baru-baru ini menyampaikan ketidaksetujuannya terhadap cara yang dipakai oleh Thanos untuk menciptakan keseimbangan di alam semesta.

Melalui cuitan di akun Twitter miliknya pada Kamis lalu (25/4), Tyson mengatakan bahwa untuk menciptakan keseimbangan, Thanos seharusnya memakai infinity gauntlet untuk menggandakan sumber daya yang ada, bukan malah melenyapkan setengah populasi.

"Apabila Anda memiliki kekuatan untuk menjentikkan jari dan mengakhiri setengah dari seluruh kehidupan yang ada di alam semestaguna melestarikan sumber daya bagi mereka yang tersisa, maka pasti kekuatan untuk menggandakan sumber daya sebagai gantinya," tulis Tyson.

Baca Juga : Pelaku Penipuan Sedang Nonton Avengers: Endgame, Polisi Putuskan untuk Menangkapnya Setelah Film Selesai

Bingung? Jadi gini sob, seperti yang kita tahu, beberapa adegan yangberada di dalam Avengers: Endgamesecara nggak langsung menyiratkan bahwa pengguna infinity gauntlet bisa mengatur efek jentikan jari sesuai yang mereka inginkan.

Contoh pertama nih, setelah setengah populasi alam semesta musnah, Thanos diketahui sempat kembali menjentikkan jari menggunakan infinity gauntlet untuk menghancurkan infinity stones supaya nggak bisa dipakai kembali.

Selanjutnya, terdapa adeganProfessor Hulk memakai infinity stones untuk mengembalikan semua makhluk hidup yang berubah menjadi debu akibat jentikan jari Thanos di Avengers: Infinity War.

Nggak berhenti sampai di situ aja, di akhir Avengers: Endgame, kita bisa melihat Tony Star aka Iron Man yang menggunakan infinity stones untuk mengubah Thanos besertapara pasukannya menjadi debu, tanpa menghilangkan teman-temannya sendiri.

Dari kejadian-kejadian itu lah, secara nggak langsung tersirat kalau efek dari infinity stones nggak selalu menghilangkan setengah populasi manusia, dan dampak dari jentikan jari bisa diatur sesuai dengan keinginansi pemakai.

Toh, kalo dikutip dari penjelasan di komik, orang yang menggunakan infinity gauntlet dengan semua infinity stones, bisa menggunakan satu atau semua kekuatan batu. Dan karena infinity stones mengatur aspek alam raya, memiliki semua batunya sama dengan bisa mengatur semesta.

Dengan kata lain, Thanos sebenarnya nggak perlu memusnahkan setengah populasi alam semesta karena dia tetap bisa menciptakan keseimbangan dengan menggandakan sumber daya yang ada menggunakan infinity stones, bener nggak? (*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya