Untuk Kamu yang Doyan Bikin Hutang, Ini 3 Akibat Fatalnya Guys!

Selasa, 26 Maret 2024 | 11:59
NG

Tidur ga tenang karena kebanyakan utang

HAI-Online.com – Bisa jadi kamu salah satu yang mudah tergoda untuk belanja barang-barang keinginan di Online atau pun di pameran.

Nah sering kali saat dompet menipis,kita milih buat berhutang. Yap, entah ngutang sama bokap-nyokap, atau sama temen yang duitnya lebih banyak. Jadilah, hutang kita lebih bengkak daripada duit jajan yang dikasih ke kita.

Tapi, jangan sampe kamu kenalan sama yang namanya rentenir alias lintah darat. Bunga yang mesti kamu bayar, bisa berkali-kali lipat, lho!

Ya, kalo pun nggak sama lintah darat, tapi kalo judulnya tetep sering ngutang, ini 3 akibat yang bisa kamu alami.

Fatal banget ih, ini3 akibat buat kamu yang doyan bikin hutang!

1. Dimarahin Orang Tua

Emang, sih, kalo minjem ke orang tua, biasanya mereka bakal lebihselowbuat netapin tanggal pembayaran. Malahan nggak jarang, kalo mereka punya rejeki lebih, mereka nggak akan nganggep pinjaman itu sebagai sesuatu yang harus kamu bayar balik.
Tapi, kalo ngutangnya buat beli motor, terus motornya kamu ilangin padahal utang juga belom lunas, duh, pasti bisa dimarahin tuh!

2. Jadi Tukang Ngeles Dadakan

Yap, kalo belom punya duit buat bayar utang ke temen, kita biasanya langsung nyari-nyari alasan buat menghindar dari kewajiban membayar. Tapi kalo sehari dua hari, seminggu dua minggu, sebulan dua bulan belom kita bayar juga utangnya.
Segala alasan lo pasti udah basi alias nggak bisa dia terima tuh. Wah, bisa-bisa temen kita malah bawa pasukan buat ngejegal kita. Duh, serem! Mendingan bayar deh utang lo dan jangan ngutang-ngutang lagi,bro!

3. “Dibunuh” di Media Sosial

Nah ini yang paling serem. Utang udah numpuk, nggak dibayar-bayar pula. Kemaren lusa minjem buat beli bakso. Kemaren minjem buat nonton. Hari ini minjem duit buat ngajak cewek kita nge-date. Beuh!
Hutang numpuk dan nggak dibayar, bisa-bisa nama lo dipromosiin langsung di media sosial. Boro-boro dapetfollowersbaru. Yang ada malah dihujat-hujat, lho!
Nah, daripada kebanyakan hutang, mending ngerem nafsu buat beli ini itu aja ya. Nabung dulu, lama-lama juga kebeli kok, barang yang kita mau. Setuju? (*)

Editor : optimization

Baca Lainnya