Jeans yang Nggak Pernah Dicuci Nggak Menimbulkan Efek Samping Pada Kulit

Kamis, 28 Maret 2019 | 21:00

Jeans

HAI-online.com -Perawatan yang keliru dapat membuat umur jeans favorit kita menjadi pendek dan warnanya pudar.

CEO Levi's Chip Bergh mengatakan, bahan jeans sebaiknya jangan pernah dibawa ke binatu untuk dicuci dengan mesin.Dalam sebuah wawancara, Bergbahkanmengaku tak pernah mencuci celana denim miliknya hingga 10 tahun.

Ada mitos yang menyarankan untuk memasukan jeans ke dalam freezer untuk menjaga kualitasnya.

Mungkin trik-trik tersebut bisa diterapkan. Namun, apakahdengan memasukan ke freezer atau nggak mencucinya akanmenimbulkan efek samping bagi kesehatan kulit?

Kabar baiknya, ahli biologi Jason Tero mendukung hal ini. Menurutnya,nggak ada masalah apapun yang ditimbulkan dengan teknik perawatan jeans tanpa dicuci tersebut.

Baca Juga : Sengaja Dibikin Dekil dan Buluk, Sneakers Gucci Seri Screener Dijual Rp 22 Juta

Berdasarkan riset dari University of Alberta, Tero mengatakan, bakteri pada denim berasal dari kulit kita sendiri. Jadi,nggak akan ada patogen yang benar-benar akan menyebabkan masalah.

Kelly Love, CEO Branch Basics, merek produk sabun nontoksik, juga setuju dengan pendapat Tero.

Menurutnya, semua tergantung pada di mana memakai celana jeans dan apa yang terjadi saat memakainya.Tapi, pemakaian normalnggak akan menimbulkan ancaman kesehatan dannggak terlalu kotor.

Tetro mengatakan, menyimpan jeanske dalam freezer juga bisa menjadi salah satu cara untuk membersihkannya.

"Cara ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan bakteri di celana. Namun, atur suhu freezer di bawah minus 18 derajat celcius," ucapnya.

Menurutnya, hal itu bisa menghilangkan bakteri atau mikroba hingga 90 persen, yang berarti masih ada sekitar 10 persen mikroba bersarang di bahan celana.

Untuk menghilangkan sisanya, menurut Tero, kita harus mengulangi prosesnya hingga 48 kali. Cara yang paling efektif adalah dengan menjemur celana denim di bawah sinar matahari.

Baca Juga : Dari Eiger sampe Teva, Ini 6 Sendal Gunung Yang Cocok Dipake Buat Hang Out dan Travelling

"Menjemurnya di bawah terik matahari selama beberapa hari, idealnya sampai tidak ada bau, sebenarnya lebih baik daripada mencucinya," ucap Love.

Menjemur celana, kata Love, juga menjadi langkah yang baik untuk menjaga lingkungan karena hemat air dan energi.

Cara ini juga patut diterapkan untuk semua jenis pakaian karena mengurangi jumlah pencucian yang diperlukan untuk menghilangkan residu kimia.

Editor : Alvin Bahar

Sumber : Kompas.com, wellandgood.com

Baca Lainnya