5 Alasan Kenapa Motor Matic Paling Cocok Buat Anak SMA

Rabu, 20 Maret 2019 | 12:15

Ilustrasi anak SMA

HAI-Online.com – Apakah sekarang ini lo udah berumur 17 tahun, udah megang KTP dan udah mengantongi SIM? HAI tau banget nih kalau sekarang ini lo pasti sedang cari-cari motor untuk dipakai sehari-hari.

Pakai motor untuk sekolah emang lebih efektif, sob. Lebih irit ongkos dan bikin lo lebih dinamis, lebih gampang untuk pergi-pergi. Tul nggak?

Nah, berdasarkan observasi HAI, pelajar SMA itu lebih memilih motor matic, lho. Loryn, pemilik blog otomotif RideWell, pun berpendapat kalau motor matic atau scooter adalah motor yang paling tepat untuk jadi motor pertama.

Alasannya kenapa tuh? Sebelum dijabarin, HAI ceritain dulu tentang bedanya motor matic dengan motor lainnya secara umum.

Seperti yang dikutip HAI dari Nation Wide, motor matic menggunakan transmisi otomatis, beda dengan jenis bebek ataupun sport yang sistem transmisinya manual. Selain itu, penggunaan bahan bakar dari matic juga dinilai lebih efisien jika dibandingkan dengan jenis motor lainnya.

Dari segi daya tampung bagasi, motor jenis matic sudah pasti menjanjikan para penggunanya kapasitas yang membuat mereka lebih leluasa dalam membawa barang. Belum lagi, bobotnya yang ringan membuat matic nyaman digunakan untuk berkendara dalam kota.

Okeh, kita bahas alasannya!

1. Asik untuk Hangout

Ilustrasi anak SMA

Buat kamu yang hobi hangout ke tempat-tempat yang jauh dari rumah, motor matic jelas menjadi pilihan tepat, apalagi dari segi kenyamanan. Seperti yang kita tahu, matic memiliki pijakan lebar.

Selain itu, pengendara matic bisa dengan leluasa mengatur jarak duduknya dengan stang motor sesuai keinginan mereka. Hal tersebut tentu saja bakal membuat kalian nyaman dan nggak mudah capek ketika lagi berkendara di tengah kemacetan.

Sama seperti yang dirasakan oleh siswa kelas XI SMA Al-Hasra Depok, Halim Zunurain yang menilai bahwa motor matic nggak mudah bikin capek ketika berkendara. Apalagi, doi cuma perlu gas rem doang pas mengendarai motor matic.

Motor matic tuh kita tinggal gas doang. Jadi nggak ngerasa capek,” terang Halim ketika dihubungi HAI.

2. Bisa Bawa Banyak Barang di Bagasi

Ilustrasi anak SMA

Motor matic biasanya memiliki ukuran bagasi yang jauh lebih besar. Bahkan kalau kita perhatiin, sejumlah motor matic keluaran terbaru pasti memiliki kapasitas bagasi sebesar 11 liter.

Dengan ukuran sebesar itu, anak SMA yang tasnya udah penuh sama laptop ataupun benda lain, bisa manfaatin bagasi buat naruh buku tulis dan juga pelajaran. Jadi, udah nggak perlu lagi tuh yang namanya ribet bawa tas sampai dua biji ke sekolah.

Menurut salah seorang siswa kelas XII SMK Gelora Bekasi, Rifqi, besarnya bagasi motor matic sering dia manfaatin buat naruh barang-barang seperti sweater ataupun baju ganti. Bahkan, doi kadang-kadang juga masukin tasnya ke dalam bagasi motor.

“Suka naruh sweater sama baju ganti di bagasi (motor). Tapi kadang-kadang buat naruh tas juga,” terang Rifqi menjelaskan manfaat bagasi motor bagi dirinya.

3. Irit Bensin

Ilustrasi

Nggak bisa dipungkiri, penggunaan bahan bakar motor matic dengan teknologi injeksi lebih irit apabila dibandingkan dengan jenis-jenis lainnya. Apalagi, sekarang ada fitur bernama eco indicator, yang menginformasikan bahwa cara berkendaramu dalam kondisi irit atau nggak.

Buat contoh aja nih, Halim Zunurain yang merupakan anak kelas XI SMA Al-Hasra Depok mengaku bahwa dengan uang jajan Rp. 50 ribu sehari, doi cuma butuh mengeluarkan uang bensin sebesar Rp 40 ribu doang seminggu.

“Uang jajan gua sehari Rp 50 ribu, ongkos paling Rp 40 ribu buat bensin,” ujar Halim.

Jadi terbukti kan, dengan teknologi tersebut anak-anak SMA otomatis jadi bisa lebih menghemat uang saku, dan menggunakannya buat beli barang-barang lain. Misalnya aja buat beli buku, kan lebih berfaedah tuh daripada buang-buang duit cuma buat beli bensin, bener nggak?

4. Jago Nyelip

Kompas/ Roderick Adrian Mozes

Ilustrasi kemacetan

Mengingat anak SMA nggak betah lama-lama di jalan, kecuali kalau lagi sama gebetan atau pacar, motor matic menjadi pilihan yang sangat tepat buat ngelewatin kemacetan. Selain kamu tinggal gas rem doang, motor matic biasanya memiliki body yang ramping dan juga bobot ringan.

Kalau body motornya mungil, udah pasti sangat cocok buat menyelip di tengah-tengah kemacetan yang semakin hari makin nggak terbendung. Jadi, nggak ada lagi tuh yang namanya kepanasan ataupun kehujanan karena macetnya jalan.

5. Tangan Lebih Leluasa

Getty Images/ sanjagrujic

Ilustrasi

Seperti yang udah dibilang sebelumnya, buat mengendarai motor matic, kamu hanya perlu ngegas dan rem saja, sob. Jadi, udah pasti tanganmu bisa lebih leluasa dalam mengendalikan si motor itu sendiri ketika lagi di jalan.

Maka dari itu, tangan kamu nggak bakal gampang pegel karena kamu nggak perlu diribetkan dengan kegiatan selain gas rem doang. So Simple!

Nah, berkaca dari faktor-faktor di atas, HAI sendiri punya rekomendasi motor matic yang cocok buat dipakai sama anak SMA, dan pilihannya jatuh kepada Honda BeAT Street. Kenapa? Soalnya motor besutan Honda satu ini lah yang memenuhi kriteria-kriteria di atas.

Honda Indonesia

Honda BeAT Street

Buat dipake hangout, Honda BeAT Street jelas memiliki jarak stang dan tempat duduk yang ideal dengan postur tubuh dari anak SMA. Selain itu, bobotnya yang terbilang ringan tentu nggak bakal bikin mudah capek ketika tengah berkendara.

Bagasi dengan kapasitas 11 liter dari Honda BeAT pun tentu nggak akan lagi menghalangi Anak SMA yang pengen ngebawa banyak barang bawaan, tapi nggak mau ribet dengan banyak tas. Dari segi bensin pun irit, karena 1 liter aja bisa dipake hingga jarak 59km lho sob, mantul nggak tuh?

Apalagi desainnya, varian seperti Honda BeAT Street bahkan bisa bikin pengendaranya nggak kalah macho jika dibandingkan pengguna motor sport, meskipun dengan mesin matic. Jadi bisa tetep keren deh tanpa perlu capek-capek buat narik kopling.

Buat kalian yang penasaran sama produk-produk Honda BeAT Street bisa langsung meluncur ke sini. Jadi, mulai sekarang nggak ada alesan lagi kan buat salah pilih? (*)

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya