Nggak Cuma Monopoli, Ini 10 Board Games Unik Yang Asik Untuk Dimainkan

Selasa, 19 Maret 2019 | 16:31

HAI-Online.com - Akhir-akhir ini, makin banyak aja tuh kafe-kafe yang ngangkat board games sebagai tema utama mereka. Konsepnya sih, para pengunjung bisa asik makan dan nongkrong bareng temen dan keluarga sambil main board games.

Eits, tapi jangan salah, sob. Main board games sekarang mungkin nggak kayak bayangan lo kok. Board games tuh banyak jenisnya, nggak cuma ludo, monopoli, atau ular tangga aja.

Buat para penggemar beratnya, board games jadi suatu aktivitas yang asik banget. Ada board games yang luar biasa susah sampe mainnya aja bisa berhari-hari, tapi ada juga board games sederhana yang didesain buat lo para pemula, yang cuma pengen santai-santai sambil main yang ringan-ringan, HAI udah punya beberapa pilihan nih yang bisa lo coba.

Carcassonne

Kalau dari kotanya sih, keliatan kompleks ya sob. Tapi tenang aja, Carcassone nggak seribet itu kok. Board games ini punya storyline tentang sebuah kastil di Prancis dengan nama yang sama. Para pemain diharuskan untuk menaruh kotak-kotak yang adalah lantai permainan untuk memperluas wilayah dan menyusun strategi penempatan pasukan di peta.

Pemenangnya adalah mereka yang punya poin paling banyak di akhir permainan. Dalam board game ini, pemikiran strategi lo bakal dilatih. Lo harus mengingat wilayah lo, tipe pasukan yang terbaik kayak apa, dan kira-kira apa hal yang bakal dilakukan sama musuh lo nanti.

Ticket to Ride

Ticket to Ride adalah game asik yang mengharuskan lo untuk membangun sebuah jalur kereta. Poin dihitung berdasarkan berapa kereta yang bisa melalui jalur tersebut dalam satu waktu.

Para pemain juga dikasih tugas untuk membangun jalur dari satu kota ke kota yang lain. Kalau lo bisa menyelesaikan tugas ini, poin lo makin banyak. Simpel banget kan, sob?

Bananagrams

Game yang ini mirip banget sama scrabble, cuma jauh lebih ekstrem. Para pemain diharuskan untuk membuat kata-kata, tapi kalian nggak bergiliran. Melainkan harus saling cepet-cepetan!

Lo bakal dikasih jumlah huruf yang sama rata, terus lo harus nyusun huruf-huruf tersebut jadi crossword gitu. Pemain yang paling cepet menggunakan semua hurufnya, menyusunnya jadi kata-kata yang bener, adalah pemenangnya.

Codenames Pictures

Game ini cocok banget lo mainin kalo lagi ngumpul bareng temen-temen. Game ini membuat para pemainnya jadi mata-mata. Dua tim dengan jumlah orang yang sama harus mencari para agen lainnya.

Dan untuk nyarinya, bakalan dikasih petunjuk yang dikasih sama anggota tim lo yang lain. Petunjuknya berisikan satu kata dan satu angka. Tim pertama yang bisa nemuin semua anggota timnya bakalan menang.

Othello

Othello bisa dibilang game yang cukup intens. Lo harus menempatkan pion yang benar di tempat yang tepat. Pemain yang punya pion paling banyak adalah pemenangnya.

Backgammon

Cara main Backgammon cukup mudah, sob. Setiap pemain mempunyai beberapa pion gitu di papan permainannya. Tujuan permainan ini adalah untuk mendapatkan kembali semua pion tersebut. Caranya dengan mengocok dadu dan menggerakan pion tersebut ke titik-titik tertentu.

Dixit

Dixit punya vibe yang asik karena mengangkat cerita magis. Setiap pemain dikasih beberapa kartu yang isinya gambar-gambar gitu. Para pemain kemudian harus memilih sebuah kartu dan mengarang sebuah cerita tentang gambar yang ada di kartu tersebut. Seru banget, kan?

Concept

Game ini agak rumit sob. Lo diharuskan untuk berkomunikasi sama temen main lo, menggunakan kartu-kartu visual yang ada untuk membentuk sebuah konsep yang dikasih. Kartu-kartu visual tersebut bakal jadi petunjuk tentang konsep besar yang coba kalian gambarin.

No Thanks!

Game ini bisa dibilang yang paling gampang, sob. Setiap pemainnya bakalan dikasih sebuah kartu dan sejumlah koin gitu. Tujuan utama game ini adalah mendapatkan poin sesedikit mungkin setelah lo mentotal semua kartu yang lo punya.

Sushi Go Party

Kalo denger namanya sih, bakalan bikin laper nggak ya? Hehehe. Konsep game ini cukup sederhana kok, lo bakalan dikasih kartu sushi yang bisa lo simpen atau lo kasihin lagi. Setiap kartu sushi punya nilai yang berbeda, jadi penting banget buat lo untuk tahu kombinasi mana yang bisa naikin skor lo.

Nah, itu tadi 10 board games yang HAI rekomendasiin buat lo para pemula. Dari pada pas lagi ngumpul bareng temen atau keluarga malah pada sibuk maen gadget, main board games bisa lo cobain tuh!

Editor : Rizki Ramadan

Sumber : screenrant

Baca Lainnya