Perjalanan Timnas Indonesia di Piala AFF U-22 2019 - Dari Cibiran Hingga Juara Nggak Terkalahkan

Rabu, 27 Februari 2019 | 11:39
PSSI

Timnas Indonesia berhasil menjadi juara dalam Piala AFF U-22 2019 setelah mengalahkan Thailand di partai final dengan skor tipis 2-1, Selasa kemarin (26/2).

HAI-Online.com -Timnas U-22 Indonesia berhasil membungkam semua mulut yang meragukan mereka dengan menjadi juara dalam turnamen Piala AFF U-22 2019 usai mengalahkan Thailand pada partai final, Selasa malam (26/2).

Keberhasilan skuad Garuda Muda di Piala AFF U-22 2019 sendiri terasa sangat spesial, mengingat anak asuh Indra Sjafri berhasil menyudah lima pertandingan yang mereka jalani tanpa sekalipun tersentuh kekalahan.

Apalagi, Marinus Wanewar dan kawan-kawan berhasil membawa pulang gelar juara Piala AFF U-22 2019 di tengah kekisruhan yang terjadi di dunia sepak bola karena adanya mafia, entah dari luar ataupun dalam tubuh PSSI sendiri.

Fase Grup

Timnas U-22 Indonesia memulai turnamen sepak bola usia muda antar negara se-Asia Tenggara ini dengan hasil imbang 1-1 ketika menghadapi perlawanan Myanmar pada partai pembuka Grup B, Senin (18/2).

Di pertandingan kedua, skuad Garuda Muda pun masih gagal memetik kemenangan setelah hanya mampu bermain imbang 2-2 saat melawan Malaysia, yang membuat para pengguna media sosial di Indonesia memberikan cibiran terhadap permainan anak asuh Indra Sjafri.

Baca Juga : Nggak Cuma Juara, Berikut Sejumlah Rekor yang Dipecahkan Timnas Indonesia di Piala AFF U-22 2019

Bahkan, kebanyakan dari mereka memprediksi bahwa timnas U-22 Indonesia nggak akan bisa lolos ke babak selanjutnya apabila bermain seperti dua pertandingan pertama mereka di Piala AFF U-22 2019.

Seolah menjawab keraguan masyarakat Indonesia,Osvaldo Haay dan kawan-kawan akhirnya memastikan satu tiket lolos ke semifinal usai mengalahkan tuan rumah Kamboja dengan skor meyakinkan 2-0, lewat brace Marinus Wanewar.

Semifinal

Lolos dari fase grup, timnas U-22 Indonesia harus menghadapi tim kuat yang menjadi salah satu favorit juara dalam Piala AFF U-22 2019, Vietnam pada babak semifinal.

Setelah melakoni pertandingan yang sangat ketat, anak asuhan Indra Sjafri akhirnya mampu menyegel satu tiket di partai puncak setelah gol tunggal Luthfi Kamal membawa timnas U-22 Indonesia menang dengan skor tipis 1-0.

Final

Berhasil melaju ke partai final, skuad Garuda Muda masih saja diremehkan oleh sejumlah pihak, termasuk oleh netizen Indonesia, karena mereka harus menghadapi perlawanan sang juara bertahan, Thailand.

Apalagi, timnas Indonesia selama ini dijulukki sebagai spesialis runner up karena hanya mampu berlaga di suatu turnamen hingga laga final, namun nggak pernah membawa pulang gelar juara (Piala AFF 2000, 2002, 2004, 2010, 2016).

Seolah nggak memperdulikan cibiran tersebut, timnas Indonesia akhirnya sukses membungkam mulut-mulut yang meremehkannya dengan menjadi juara di Piala AFF U-22 2019 setelah mengalahkan Thailand dengan skor akhir 2-1.

Sempat tertinggal melalui gol Saringkan Promsupa di menit ke-57', skuad asuhan Indra Sjafri akhirnya mengunci gelar juaraPiala AFF U-22 2019setelah Sani Rizki (59') dan Osvaldo Haay (63') sukses menjebol gawangThailandyang dijaga oleh Korraphat Nareechan.

Selamat buat timnas U-22 Indonesia! Semoga dengan keberhasilan ini menjadi jalan pembuka agarprestasi Indonesia di kancah sepak bola akan menjadi lebih baik lagi ke depannya ya sob. (*)

--------------------

Baca juga artikel HAI lainnya:

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya