Sepatu Lokal 'Compass Bravo' Ludes Dalam 1,5 Jam Di Jakarta Sneakers Day Hari Pertama. Ini Cerita Di Baliknya

Jumat, 08 Februari 2019 | 12:08
GLORI K WADRIANTO

Compass Bravo

HAI-online.com - Di Jakarta, para pehobi sneakers lagi pesta nih. Pasalnya, sekarang lagi ada Jakarta Sneakers Day 2019 sob.

Nah, di hari pertamanya, Kamis (7/02) kemarin. Salah satu sneakers yang banyak diburu pengunjung adalah sneakers lokal bernama Compass jenis Compass Bravo hasil kolaborasi dengan Brian Notodiharjo atau akrab disapa Bryant.

"Gue enggak expect sebanyak ini yang antri untuk Compass Bravo, dan ini bikin gue bangga dengan sepatu lokal," kata Bryant kepada Kompas.com

Aji Handoko Purba, sang pemilik Compass pengen mewujudkan ide-ide dari Bryant yang kental dengan military style. Compass Bravo ini disebut Bryant sebagai perwujudan 100 persen egonya.

Brian Notodihardjo memegang Compass Bravo, sneakers kolaborasinya dengan Compass, Jakarta Sneaker Day, Senayan City, Jakarta, Kamis (7/2/2019).(KOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYA)

Sepatu ini menggunakan bahan canvas pada bagian upper dan vulcanized pada bagian sol. Di bagian mata kaki, ada sabuk (buckle) warna hijau lumut yang mempertegas kesan gaya militer. Lalu, pada bagian lidah, ada tulisan "Bryant".

"Pemilihan warna juga semua kesukaan gue, hitam, olive dan broken white," kata Bryant

Salah satu daya tarik lainnya dari sepatu ini adalah jumlah produksinya yang terbatas hanya 100 pasang dan harganya yang cukup murah, Rp 398.000. Kemarin, sepatu itu habis dalam waktu 1,5 jam.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Sepatu Kanvas Untuk Cowok Selain Converse dan Vans

Re-branding Compass

Compass

Compass Gazelle

Sebelum Bryant dengan Compass Bravo menggebrak pasar sneakers lokal, ada Aji yang menggawangi brand sepatu lokal asal Bandung ini. Aji bukan pemilik, melainkan creative director yang dipercaya langsung oleh owner untuk re-branding Compass.

Aji, Creative Director Compass

Compass didirikan sejak 1998 dan sempat mengalami kebuntuan bisnis. Pada 2017, pemilik Compass mengajak Aji untuk gabung jadi creative director dan mengurusi strategi bisnis.

Seri pertama yang dibuat oleh Aji adalah Compass Gazelle. Sepatu ini memiliki toe cap berukuran seperempat dari yang biasa.

Di tahun 2018, Gazelle versi low dan hi jadi buruan. Compass pun semakin hidup.

Rilisnya Compass Bravo adalah bukti kalau Aji ingin berkontribusi di perkembangan sneakers lokal.

"Ini bukan sekadar bisnis, mencari uang, tapi lebih percaya kalau sneakers lokal itu bisa (berkembang) dan semua orang percaya," ujar Aji

Salut

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cerita Sepatu Compass yang Bikin "Sesak" Jakarta Sneakers Day 2019",Penulis : Kahfi Dirga Cahya

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya