5 Fakta Seputar Teror Kain Api yang Marak Terjadi di Semarang

Rabu, 06 Februari 2019 | 10:35
iStockphoto

Ilustrasi mobil terbakar

HAI-online.com -Warga Semarang akhir-akhir ini diresahkan dengan adanya aksiteror kain apiyangmasihterus berlanjut sampai sekarang.

Teror ini dilakukan dengan cara membakar kain lalu ditempelkan ke kendaaraanmilik wargayang terparkir di pinggir jalan maupun di area rumah.

Masih belum jelas motif dari pelaku teror. Dari laporan terbaru, seenggaknya sudah ada 22 kasus pembakaran kendaraan, baik mobil maupun motor, yang tentunya merugikan para pemilik.

Pihak berwajib punmasih terus melakukan investigasi mengenai kasus ini. Dikutip dari Kompas TV dan Tribun Jateng, berikut 5 fakta terkait terorkain api di Semarang.

Baca Juga : Viral Warung Nasi Berlubang di Kawasan SCBD, Ternyata Begini Sejarahnya

1. Menggunakan kain yang dilumuri bensin atau minyak tanah

Berdasarkan hasil penyelidikan kepolisian, para pelaku diketahui menggunakan kain yang dilumuri bahan bakar. Salah satu kasus yang terjadi di Semarang Timur, korban mengatakan bahwa pelaku menggunakan bahan bakar pertalite yangdimasukan ke dalam kantongplastik.

Tribun Jateng / Radlis M
Tribun Jateng / Radlis M

2 motor di garasi sasaran teror kain api

2. Korban acak

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyebutkan, pihaknya belum mengetahui motif pelaku. Berdasarkan data yang dihimpun dan keterangan dari pihak kepolisian, pelaku melakukan aksinya secara acak.

Dari keterangan korban pun diketahui,nggak ada yang memiliki perselisihantertentu di sekitarnya. Gubernur Ganjar pun menyebutkan bahwa para korban nggak memiliki korelasi politik tertentu.

Sempat ada dugaan jugakalau kendaraan yang dibakar hanya yang berada di luar garasi. Namunternyata, beberapa kendaraan yang dibakar berada di dalam garasi.

3. Aksi tergolong rapi

Gubernur Ganjar menyebut aksi teror ini tergolong rapi karena di tiap tempat kejadian, hampir nggak ada jejak dari para pelaku.

Pelaku diketahui hanya membakar kendaraan dannggak mencuri apa pun dari korban. Meski sempat terekam CCTV, pelaku menggunakanpakaian lengkap yang tertutup, jadi sulit dikenali identitasnya.

Muh. Radlis / Tribun Jateng
Muh. Radlis / Tribun Jateng

Daihatsu Ayla jadi korban teror kain api di Semarang

Baca Juga : Jasad dalam Puing Pesawat yang Ditumpangi Emiliano Sala akan Segera Diangkat

4. Hanya terjadi di Jawa Tengah, terutama di sekitar Semarang

Instagram / kendalhits
Instagram / kendalhits

Suzuki Swift yang hangus dibakar di Kendal, Jawa Tengah

Hingga saat ini, terorkain apihanya terjadi di Jawa Tengah. Meski para korbannyanggak terpola, namun berdasarkan data yang ada, pelaku hanya beraksi di sekitar kota Semarang.

Kota lain yang terkena imbas teror bakar kendaraan ini ialah Kota Kendal dan Kabupaten Semarang yang masih berdekatan dengan Kota Semarang.

Ganjar menyebutkan, tiga lokasi tersebutnggak pernah mengalami keributan ataupun masalah politik tertentu.

5. Telah dibentuk tim khusus

Dikutip dari Kompas TV dan Tribun Jateng, Ganjar Pranowo dan Polrestabes Semarang telah membentuk tim khusus untuk memburu pelaku teror bakar kendaraan ini.

Tim khusus ini sudah bekerja mencari petunjuk siapa pelaku dan apa motifnya. Selain itu, Tim Elang Polrestabes Semarang juga telah meningkatkan patroli di wilayah rawan, khususnya daerah pinggiran kota Semarang.

Selain motif, tim khusus yang telah dibentuk mengejar pelaku berupaya membongkar kemungkinan adanya aktor intelektual di balik peristiwa tersebut.

Editor : Alvin Bahar

Sumber : Gridoto

Baca Lainnya