5 Helikopter Tempur Mematikan di Asia Tenggara, Indonesia Nomor Satu!

Selasa, 05 Februari 2019 | 17:05
Military-Today.com

AH-64D Apache

HAI-online.com - Tiap negara pasti punya alat pertahanannya masing-masing untuk melindungi keamanan negaranya. Berbagai persenjataan dankendaraan tempur pun dipersiapkan, mulai dari tank, kapal, pesawat, hingga helikopter tempur.

Helikopter sendiri menjadi salah satu alat tempur yangpenting untuk dimiliki suatu negara, dikarenakan mobilitasnya yang dapat menjangkau berbagai daerah. Apalagi untuk negara-negara di Asia Tenggara yang juga banyak terjadi peperangan intensitas rendah.

Dikutip dari Defense News dan Janes, berikut deretanhelikopterserangmilik negara-negara Asia Tenggara:

Baca Juga : Viral: Misteri Banner Gorengan di Tangsel yang Bikin Penasaran Akhirnya Terpecahkan

5. Vietnam

The Aviationist
The Aviationist

Mil Mi-24

PM Nguyen Xuan Phucmemborong beragam senjata dari Rusia untuk mempertahankan wilayahnya yang paling banyak diklaim oleh Cina. Salah satu yang ia gunakan adalahhelikopter serang/serbu Mil Mi-24.

4. Myanmar

SamasepertiVietnam, Myanmar juga mengakuisisi Mil Mi-24 sebagai heli tempurnya.Mil Mi-24 adalah helikopter serang dengan kapasitas ruang kecil yang hanya cukup untuk mengangkut 8 penumpang.

3. Filipina

GMT
GMT

Bell AH-1 Cobra

Semenjak Rodrigo Duterte jadi presiden Filipina, ia membawa kemajuan sangat berarti di negara tersebut meski kepemimpinannya kontroversial.Militer Filipina bakal mendapat hibah dua helikopter serang Bell AH-1 Cobra dari Jordania.

Baca Juga : Ini Alasan Kenapa Makanan yang Disajikan di Pesawat Rasanya Nggak Enak

2. Singapura

Military-Today.com
Military-Today.com

AH-64D Apache

Singapura memang memiliki militer paling up-to-date dan canggih di kawasan Asia Tenggara. Negara ini punya doktrin pertahanan meniru Israel, dengan heli serangnya dipercayakan padaAH-64DApache, heliserang kelas atas di dunia.

1. Indonesia

TNI AD
TNI AD

Apache AH-64 Guardian TNI AD

Indonesiamelalui Pusat Penerbangan Angkatan Darat (Puspenerbad) boleh dibilang memiliki jejeran heliserangpaling menakutkan di Asia Tenggara.

Di mana pertahanakan negara kita ini memiliki 3 heli serang, yaituA S550 Fennec sebagai light attack heli, 'Si Monster' Mil Mi-35 Hind, sertaApacheAH-64E Guardian sebagai heliserangmurni kelas atas di dunia, lebih canggih dari milikSingapura.

Editor : Alvin Bahar

Sumber : Defense News.com, GridHot.ID

Baca Lainnya