20 Film Terbaik 2018 Versi Rotten Tomatoes, Kebanyakan Film Indie Bro!

Selasa, 01 Januari 2019 | 19:21

Tea with Dames

Hai-Online.com - Hari pertama di 2019, udah ada agenda apa nih bro? Kalo belum ada, mending kita ngulas film-film terbaik versi Rotten Tomatoes yang tayang di 2018.

Nggak cuma film blockbuster, Rotten Tomatoes juga mengapresiasi film-film indie dan dokumenter, yang menempati 20 film terbaik di bawah ini.

Check it out bro!

  1. PADDINGTON 2 (100%)

Paddington 2

Rating Tomatometer : 8.7/10

Film “setengah animasi” inimasih disutradarai oleh Paul King yang juga penulis naskahnya. Di film keduanya, Paddington sudah dikenal banyak orang khususnya di sekitar tempat tinggalnya, Windsor Gardens.

Petualangannya kali ini menceritakan perjalanan Paddington menyelamatkan buku yang dicuri seorang penyihir. Pada trailernya, buku inimerupakan buku pop-up yang ingin dia hadiahi ke bibi Lucy sebagai kado ulang tahun ke-100.

Paddington rilis pada 12 Januari 2018.

Baca Juga : Bagikan Resolusi di Tahun 2019, Manny Pacquiao Lempar Sindiran Floyd Mayweather?

  1. LEAVE NO TRACE (100%)

Leave No Trace

Rating Tomatometer : 8.5/10

Berkisah tentang seorang ayah, Will (Ben Foster), tinggal di hutan Portland, Oregon dan membesarkan anaknya, Tom (Thomasin Harcourt McKenzie) di sana agar terhindar dari pengaruh buruk sosial dan korupsi.

Namun, keduanya harus kembali ke kota setelah diserbu oleh polisi setempat karena diduga telah tinggal di lahan publik. Beberapa hari di kota, Tom merasa kalo ayahnya udah membesarkannya dengan cara yang salah.

Pada trailer film yang dirilis 29 Juni 2018, seorang wanita asing memberi mereka tempat tinggal dan memberikan Will pekerjaan.

  1. SUMMER 1993 (100%)

Summer (1993)

Rating Tomatometer : 8.1/10

Summer 1993 adalah sebuah film autobiografi yang ditulis Carla Simon. Berkisah tentang gadis kecil berumur 6 tahun, Frida (Laia Artigas) yang kesepian. Frida menjadi yatim piatu setelah kematian ibunya di apartemen (ayahnya meninggal lebih dulu) dan menyesuaikan diri tinggal bersama pamannya. Di awal, semuanya berjalan lancar, tapi emosinya mulai nggak stabil. Dalam trailer, semenjak neneknya menceritakan sedikit tentang ibunya, Frida jadi penasaran tentang kepergian ibunya yang terjangkit AIDS.

Summer 1993 rilis pada 25 Mei 2018.

  1. MINDING THE GAP (100%)

Minding The Gap

Rating Tomatometer : 8.8/10.

Film bergenre dokumenter ini menampilkan video dokumenter selama 12 tahun lebih tinggal di Rockford, Illinois. Film dokumenter ini tentang kecintaan tiga remaja pada skateboard.

  1. PICK OF THE LITTER (100%)

pick of the litter

Rating Tomatometer : 7.4/10

Buat pecinta anjing, pasti gemes ditambah terharu nonton film ini. Disutradarai oleh Dana Nachman dan Don Hardy Jr., Pick of The Litter adalah film dokumenter tentang anjing yang dilatih sejak kecil selama 20 bulan untuk membantu menuntun orang tunanetra. 31 Agustus lalu, film ini dirilis.

  1. HANNAH GADSBY: NANETTE (100%)

Hannah Gadsby

Rating Tomatometer : 9.1/10

Hannah Gadsby adalah stand-up komedian, Netflix Original membuatkan film spesial Hannah yang menceritakan kehidupan pribadinya yang tumbuh di pulau kecil Tasmania.

Dalam trailernya, Hannah memecah tawa para hadirin di Sydney Opera House ketika mengangkat tentang segala sesuatu lewat pandangannya. Dimulai dari parade kebanggaan, opini yang tertahan, dan sejarah seni sebelum dia membawanya ke komedinya.

  1. SHIRKERS (100%)

shirkers

Rating Tomatometer : 8.4/10

Shikers adalah film klasik Singapura yang berlatar pada tahun 1992 tentang kisah remaja sang sutradara Sandi Tan dan kedua temannya, Jasmine Ng dan Sophie Siddique. Film dokumenter ini rilis pada 26 Oktober 2018.

  1. OH LUCY! (100%)

oh lucy!

Rating Tomatometer : 7/10

Film yang digarap oleh sutradara Atsuko Hirayanagi menegaskan tentang gegar budaya. Bagaimana pandangan barat terhadap timur. Film ini mengisahkan tentang perempuan paruh baya lajang bernama Setsuko (Shinobu Terajima) yang meneruskan les bahasa inggrisnya. Setelah kelas pertamanya bersama John (Josh Hartnett), Setsuko menyadari kalo dirinya ini punya alter ego yang bernama Lucy.

Dalam trailer, John lah yang membuat Setsuko sadar akan keberadaan Lucy. Film ini telah diputar pada Singapore International Film Festival 2017 (SGIFF)

  1. NIGHT COMES ON (100%)

night comes on

Rating Tomatometer : 7.6/10

Film tentang anak perempuan bernama Angel (Dominique Fishback) yang baru aja keluar dari tahanan karena penggunaan senjata api. Dirinya memakai senjata api dengan alasan ingin membalas dendam ke ayahnya yang udah ngebunuh ibunya tapi nggak dipenjara karena kurang bukti.

Notabenenya yang mantan narapidana dan fakta bahwa dirinya gadis berkulit hitam menghalangi tujuan sebelumnya. Namun setelah bertemu adiknya, tekadnya makin kuat untuk melanjutkan tujuan sebelumnya karena ingin melindungi Abby.

  1. EIGHTH GRADE (99%)

Kayla on Eighth Grade

Rating Tomatometer : 8.8/10

Bercerita tentang Kayla, gadis berusia 13 tahun yang sedang mengalami masa pertumbuhan remajanya di saat minggu terakhir sekolah menengahnya. Film bergenre komedi ini disutradarai oleh Bo Burnham dan dirilis pada 3 Agustus 2018.

  1. WON’T YOU BE MY NEIGHBOR? (99%)

wont you be my neighbor

Rating Tomatometer : 8.7/10

Film dokumenter tentang Fred Rogers, seorang pembawa acara televisi anak-anak yang ikonik.

Karier Rogers mewakili upaya untuk menyajikan pandangan yang koheren dan bermanfaat, tentang bagaimana seharusnya kita berbicara hal-hal penting kepada anak-anak dan bagaimana televisi digunakan sebagai kekuatan positif dalam masyarakat.

  1. SHOPLIFTERS (Manbiki Kazoku) (99%)

shoplifters

Rating Tomatometer : 8.8/10

Shoplifters yang dibintangi oleh aktor dan aktris ternama Lily Franky dan Sakura Ando bercerita tentang keluarga miskin yang mengandalkan hidupnya dari hasil mencuri.

Suatu hari, Osamu Shibata bertemu dengan anaka gelandangan bernama Yuri. Melihat banyak tanda-tanda kekerasan pada tubuh Yuri, Osamu memutuskan untuk mengadopsinya, di samping kemiskinannya itu. Shoplifters yang tayang di bioskop pada 23 November 2018, telah ditayangkan Cannes Film Festival pada Mei sebelumnya.

  1. MCQUEEN (99%)

McQueen

Rating Tomatometer : 7.8/10

Film dokumenter tentang kehidupan pribadi Alexander McQueen, seorang visioner fesyen yang tersiksa, namun menginspirasi.

Sutradara Peter Ettedgui mengemasnya melalui wawancara eksklusif dengan teman dan keluarga McQueen. Dilengkapi dengan arsip-arsip lama, visual, dan musik yang indah.

  1. THE GUILTY (DEN SKYLDIGE) (99%)

the guilty

Rating Tomatometer : 7.9/10

Polisi Asger Holm (Jakob Cedergren) diturunkan pangkatnya dan hanya bekerja di kantor. Tiba-tiba ada panggilan telepon singkat dari seorang wanita panik yang sedang diculik.

Karena nggak bisa keluar kantor, Holm menggunakan temannya sebagai matanya dan dirinya sebagai telinganya. Satu demi satu rahasia terungkap dan. Film thriller Denmark ini disutradarai oleh Gustav Moller. Film ini hadir pada 19 Oktober 2018.

  1. TEA WITH THE DAMES (NOTHING LIKE A DAME) (99%)

Tea with Dames

Rating Tomatometer : 7.8/10

Empat artis British legendaris berkumpul di akhir pekan. Mereka adalah Dame Maggie Smith, Dame Judi Dench, Dame Eileen Atkins, dan Dame Joan Plowright. Satu sama lain bernostalgia dan bertukar pikiran tentang hal seputar seni, percintaan, penuaan, dan kehidupan yang mereka jalani.

Tea with the Dames yang disutradarai oleh Roger Michell adalah kesempatan luar biasa untuk mengetahui mereka lebih dekat dan tanpa filter. Film ini sudah dirilis pada 21 September 2018.

  1. THE TALE (99%)

the tale

Rating Tomatometer : 8.9/10

The Tale berdasarkan dari kisah si pembuat film itu sendiri, Jennifer Fox. Berkisah tentang penyelidikan mendalam pada diri seorang wanita hingga masa kecilnya. Bahkan secara terpaksa dia mengingat kembali pengalaman seksual pertamanya dan kisahnya yang ia ceritakan pada dirinya sendiri. Film ini tayang pertama kali di channel HBO pada 27 Mei.

  1. CAN YOU EVER FORGIVE ME? (98%)

can you ever forgive me?

Rating Tomatometer : 8.1/10

Didasarkan pada kehidupan penulis Lee Israel pada tahun 1960-an sampai 1980-an. Penulis ini menjadi penulis yang paling diingat pada masanya karena menjadi pemalsu sastra dan karya orang lain. Dia menulis profil para wanita berprestasi seperti Katherine Hepbum dan Tallulah Bankkhead yang merupakan eksekutif dari sebuah produk kosmetik, dan jurnalis Dorothy Kilgallen.

  1. FREE SOLO (98%)

Free Solo

Rating Tomatometer : 8.3/10

Berkisah tentang pendaki solo Alex Honnold yang sedang mempersiapkan diri untuk mencapai mimpi seumur hidupnya, yaitu mendaki tebing batu paling terkenal di dunia, El Capitan setinggi 914 meter di Taman Nasional Yosemite, tanpa menggunakan tali. Honnold menentukan antara keberhasilan dan kematiannya dalam pendakian ini. Free Solo merupakan film thriller terbaik buat lo dan potret atlet yang menginspirasi.

  1. SCIENCE FAIR (98%)

science fair

Rating Tomatometer : 7.6/10

Sembilan siswa menengah dari berbagai penjuru dunia bersaing untuk memenangkan pameran sains internasional. Hanya satu dari mereka yang akan dinobatkan “Best in Fair”. Film ini menyuguhkan cerita kemenangan, kekalahan, dan motivasi dari sekelompok pria dan wanita muda hebat yang melalui sains, akan mengubah hidup dan dunianya.

  1. IN BETWEEN (98%)

In Between

Rating Tomatometer : 7.6/10

Bercerita tentang tiga wanita Palestin yang sama-sama berjuang mempertahankan kemerdekaan dan haknya. Hidup mandiri di tengah lingkungan Tel Aviv, mereka jauh dari keluarga. Wanita-wanita ini menempati ruang terbatas, terjebak di antara kebebasan dan penindasan, agama dan sekularisme, masa lalu dan masa depan. Film ini dirilis pada 5 Januari lalu.

(Zhafira)

Editor : Alvin Bahar

Sumber : Rotten Tomatoes

Baca Lainnya