5 Destinasi Wisata Anti-Mainstream Buat Liburan Akhir Tahun 2018

Selasa, 25 Desember 2018 | 12:30
Kompas.com/Barry Kusuma

Pantai Papuma, Jember

Hai-Online.com - Liburan di depan mata nih bro. Kira-kira udah punya rencana liburan belum nih?

Kalau belum, Hai punya beberapa rekomendasi destinasi wisata anti-mainstream. Dijamin deh, liburan lo bakal seru dan nggak cuma sekadar Instagramable yang fotonya ciamik di medsos.

Menurut Hai sendiri, udah saatnya berlibur lebih asik walau tanpa embel-embel tempatnya Instagramable. Kenapa sih harus berburu likes di Instagram? Sebenarnya nggak salah sih. Cuma, ya liburan lo bisa lebih berkesan aja jadinya daripada sibuk narsis foto-foto aja.

Destinasi pilihan Hai ini punya keunikan tersendiri. Pastinya emang bagus kalau di foto, tapi bukan ala-ala ya. Serentetan aktivitas seru bisa lo coba juga. Sikat!

Baca Juga : Macaulay Culkin Kembali Jadi Kevin 'Home Alone', Tapi Kali Ini Lebih Modern

1. Tur orang utan di Tanjung Puting, Kalimantan Tengah

Kompas.com/I Made Asdhiana

Tur orang utan

Kalau ada budget lebih, coba deh buat berlibur ke luar Pulau Jawa. Salah satu yang menarik ialah ikut tur orang utan di Tanjung Puting, Kalimantang Tengah.

Kenapa namanya tur orang utan? Lantaran lo emang bakal melihat orang utan di habitat aslinya, yakni di tengah hutan hujan tropis khas Kalimantan.

Kompas.com

Tur orang utan

Emang sih dari segi harga mungkin lo mesti kocek lebih besar, tapi itu sepadan dengan pengalaman yang lo dapat.

Lo akan diajak ke lokasi rehabilitasi orang utan sob. Konsep turnya sendiri pun "ecotourism" dan bakal menyusuri sungai, bahkan bermalam di kapal khusus yang disebut kelotok membelah hutan.

Wisata ini cocok banget buat lo yang emang suka berpetualang!

2. Keliling Belitung dengan karavan mini

Keliling Belitung dengan karavan mini

Kalau keliling Belitung dengan motor atau mobil pribadi udah biasa, saatnya lo coba dengan karavan. Nggak perlu repot-repot lagi juga untuk urus penginapan. Pasalnya lo bisa tidur sekaligus pergi di karavan mini alias motor home tersebut.

Jadi, nantinya penyedia jasa penginapan dalam mobil, yakni Majesty Motor bakal mendatangi lo di bandara. Motor home yang disewa bisa ditempatin empat orang bro di luar sopir. Fasilitasnya beragam abis dan lengkap, kayak televisi, kasur lantai, kursi, tenda, AC, sampai alat BBQ-an. Asik nggak tuh?

Lo bisa pilih deh, mau tidur di dalam mobil atau nenda di camping ground yang udah disediain. Ada dua camping ground yang dikasih sama Majesty, yaitu di Belitung Timur dan Belitung Barat.

Minusnya sih emang mobil belum dilengkapi kamar mandi, jadi lo mesti singgah di tempat-tempat wisata untuk mandi dan lainnya.

3. Berdiri di titik kulminasi, Pontianak, Kalimantan Barat

Kompas.com/Arimbi Ramadhiani

Berdiri di titik kulminasi khatulistiwa di Pontianak

Kalau berencana ke Kalimantan Barat, jangan lupa singgah ke Pontianak bro. Tepatnya ke Tugu Khatulistiwa. Mungkin mikir, ngapain coba di sana? Eits, jangan salah. Di tempat itu lo jadi bisa tau informasi soal garis khatulistiwa.

Menariknya lagi nih, lo bisa merasakan berdiri di titik kulminasi alias titik saat posisi matahari persis berada di atas garis khatulistiwa.

Hal tersebut tentu nggak bisa lo dapat di tempat lain bro. Jadi, nantinya lo nggak akan bisa lihat bayangan lo sendiri pada waktu tertentu. Habis itu, lo akan mendapat piagam penghargaan deh sebagai bukti perlintasan garis khatulistiwa lengkap dengan nama dan waktu berkunjung.

Fyi cuma da 12 negara loh yang dilintasi garis khatulistiwa, salah satunya ya yang berada di Pontianak ini.

4. Melihat bintang di Pantai Tanjung Papuma, Jember

Kompas.com/Barry Kusuma

Pantai Papuma, Jember

Banyak orang emang menjuluki tempat ini sebagai negeri bertabur bintang. Emang nggak heran sih bro, pasalnya di pantai ini lo bakal lihat bintang-bintang indah di angkasa. Lokasinya sendiri sekitar 40 km dari pusat kota Jember.

Sedari sore, bahkan siang lo udah bisa berekreasi ke sini sob. Pas malam makin ciamik karena milky way bakal jadi pemandangan di langit. Biasanya milky way muncul dari puku 19.00 sampai 21.00 dalam kondisi cuaca yang emang memungkinkan ya.

5. Kandang Godzilla Tebing Koja

Berlokasi di Desa Cikuya, Solear, Tangerang, Kandang Godzilla Tebing Koja menawarkan pemandangan tebing-tebing bersama sawah dan pedesaan. Ini cocok buat lo yang nggak mau jauh-jauh berwisata dari Jakarta bro.

Namanya emang pakai embel-embel "Godzilla", tapi bukan berarti ada monster itu beneran. Dinamain Kandang Godzilla ya biar menarik aja dan lokasinya juga agak tersembunyi. Dulu, tempat ini sendiri merupakan bekas galian tambang.

Hai sih saranin lo ke sana waktu matahari terbit. Jadi, masih ada kabut tipis yang makin bikin syahdu suasana. Cuma, waktu matahari terbenam pun nggak apa-apa.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya