Ini Dia Cara Menggunakan Google Classroom Biar Gampang Belajar

Rabu, 19 Desember 2018 | 16:14
Google

Google Clasroom

Hai-online.com-Percayalah, guys, kalau Google itu nggak cuma menciptakan aplikasi media sosial atau aplikasi yang berguna untuk kehidupan sehari-hari.

Karena Google punya aplikasi yang berguna banget loh untuk kegiatan belajar mengajar khususnya di SMA, aplikasi itu adalah Google Classroom.

Classroom adalah rangkaian fitur produktivtas gratis yang mencangkup email, dokumen dan penyimpanan.

Aplikasi ini dibuat Google untuk membantu pengajar menghemat waktu, menjaga kelas tetap teratur dan meningkatkan komunikasi dengan siswanya.

Di Google Classroom ada dua role yang bisa kamu pilih, yaitu sebagai guru atau sebagai murid. Kedua role ini tentunya memiliki akses yang berbeda, sob.

Untuk Guru inilah akses yang bisa digunakan:

Membuat Kelas

Google Classroom

Cara membuat kelas sangatlah mudah, kamu hanya perlu menekan tombol "+" yang ada di pojok kanan atas.

Nantinya akan ada dua pilihan: "Join Class" dan "Create Class" nah, pilihlah yang "Create Class"

Setelah itu tinggal isi nama kelas, bagian, ruang, dan mata pelajaran. Terus tekan tombol "create" deh.

Memberikan tugas

Google Classroom

Sebagai guru, kamu bisa memberikan tugas ke pada siswa yang ada di kelas dengan masuk ke halaman "classwork" dan menekan tombol "+" yang ada di pojok kanan bawah.

Memberi pertanyaan

Google Classroom

Meskipun Classroom nggak memiliki fitur quiz, tapi terdapat fitur "Question" yang bisa kamu gunakan untuk memberikan soal kepada siswa.

Cara membuatnya pun semudah memberikan tugas, yaitu masuk ke halaman "Classwork" dan menekan tombol "+" lalu pilih "Questions"

Hasilnya pun bisa kamu nilai langsung dan masuk ke notifikasi siswa.

Memberikan Materi

Google Classroom

Guru juga bisa memberikan materi dengan masuk ke halaman "classwork" dan pilih opsi "Material"

Di sana kamu bisa memasukan dokumen materi berbentuk PDF, foto sampai Video yang diupload melalui Google Drive.

Tulis pengumuman

Google Classroom

Selain memberikan materi, tugas dan pertanyaan, guru di kelas juga bisa memberikan pengumuman yang akan langsung masuk ke email para siswa dan muncul di bagian atas halaman

Terus bagaimana dengan siswa? Mudahnya, siswa bisa menanggapi semua yang diberikan guru di kelas seperti menjawab pertanyaan, mengumpulkan tugas, membaca materi dan komen disetiap postingan yang guru berikan.

Berguna banget kan sob? Mending kamu saranin guru kamu untuk membuat Google Classroom dan menggunakannya untuk kegiatan belajar mengajar di kelas.

Tujuannya tentu supaya lebih praktis dan kamu jadi bisa mengumpulkan tugas serta membaca materi dari guru di mana saja dan kapan saja selama kamu masih terhubung dengan internet. (*)

Editor : Al Sobry