5 Fakta Kekalahan Manchester United dari Liverpool di Anfield

Senin, 17 Desember 2018 | 14:00
Twitter Liverpool

Wijnaldum dan Mane

HAI-ONLINE.COM - Tadi (16/12) malam, tim asuhan Jose Mourinho, Manchester United, harus mengakui kekuatan The Reds, Liverpool, di kandangnya, Anfield, Inggris.

Manchester United takluk dengan skor 3-1, ketiga gol Liverpool dicetak oleh Sadio Mane (24'), dan Xherdan Shaqiri (73' dan 80').

Kekalahan ini menjadi yang kelima bagi Manchester United sepanjang mengarungi 17 pekan Liga Inggris musim 2018-2019.

Baca Juga : Is Pusakata eks Payung Teduh Diasumsikan Hijrah, Ternyata Musisi Ibadah!

Sekaligus menjadi kekalahan perdana mereka kala melawat ke markas The Reds di ajang Premier League, sejak kali terakhir mengalaminya pada 1 September 2013. Kala itu Setan Merah kalah 0-1.

Selain itu, muncul beberapa fakta minor Man United dalam laga ini, seperti yang dirangkum BolaSport.com dan HAI dari berbagai sumber:

1. Rekor kebobolan

Tiga gol lesakan Sadio Mane dan Xherdan Shaqiri harus membuat kiper David de Gea tiga kali memungut bola dari gawangnya dalam kesempatan kali ini.

Lesakan tiga gol Liverpool pada duel malam kemarin secara total menjadikan Manchester United telah menelan 29 gol dari 17 laga Liga Inggris musim 2018-2019.

Catatan tersebut lebih buruk dari 38 pertandingan Liga Inggris musim lalu, yang saat itu The Red Devils cuma kebobolan 28 gol.

Sementara itu, mereka juga tak mampu meraih cleancheet dalam tujuh laga tandang terakhir Liga Inggris. Catatan itu merupakan yang terburuk sejak 2013.

2. Performa minor Romelu Lukaku

Romelu Lukaku kembali dipercaya pelatih Jose Mourinho untuk diturunkan sejak menit pertama.

Keputusan itu diambil kemungkinan besar setelah meninjau kesukses Lukaku mengakhiri paceklik 12 laga tanpa gol, pada pekan lalu saat Man United mengalahkan Fulham 4-1. Kala itu ia menyumbangkan sebiji gol.

Hanya, penyerang 25 tahun itu kembali tampil tak sesuai ekspektasi meski mendapat kesempatan 90 menit bermain melawan Liverpool. Lukaku hanya membuat 20 sentuhan atau yang terburuk sejauh yang pernah ia lakukan di Liga Inggris saat diaminkan secara penuh.

Selain itu, ia juga hanya melakukan satu umpan sukses pada 45 menit pertama.

3. Raihan poin terburuk

Kekalahan melwan Liverpool membuat Manchester United masih nangkring di peringkat enam klasemen dengan koleksi 26 poin.

Nyatanya poin tersebut merupakan jumlah paling sedikit yang pernah The Red Devils raih setelah menempuh 17 pekan di Liga Inggris.

Raihan tersebut menyamai perolehan mereka sebelum era Premier League bergulir, yakni pada musim 1990-1991.

Baca Juga : Cetak 3 Gol Saat Lawan Levante, Ini Rekaman Pecah dari Lionel Messi

4. Jarak poin dengan sang pemuncak klasemen

Raihan 26 poin Man United juga membuat mereka menorehkan catatan kelam dengan bersejarah dengan Liverpool.

Kini, Setan Merah defisit 19 angka dengan Liverpool yang berada di puncak klasemen.

Fakta tersebut merupakan selisih terbesar yang pernah terjadi di antara Manchester United dan Liverpool, dalam 17 laga Premier League.

5. Kekalahan Jose Mourinho

Sebelum laga dimulai, Manchester United adalah satu-satunya tim di Liga Inggris yang belum pernah dikalahkan oleh pelatih Liverpool, Juergen Klopp, sejak pertama kali tiba pada Oktober 2015.

Namun, kemenangan Liverpool ternyata bukan hanya membuat Klopp akhirnya mampu mengalahkan semua klub di Liga Inggris.

Hal tersebut nyatanya turut merusak rekor Jose Mourinho yang telah 11 tahun tak pernah menelan kekalahan kala melawat ke markas The Reds, Stadion Anfield.

Kali terakhir ia kalah di Anfield, yakni saat masih membesut Chelsea (0-1) pada leg kedua semifinal Liga Champions, 1 Mei 2007. (*)

Editor : Al Sobry

Sumber : BolaSport.com

Baca Lainnya