Tergiur Harbolnas? Nih Daftar Barang yang Sebaiknya Nggak Lo Beli di Situs Online

Rabu, 12 Desember 2018 | 19:26
Kompas.com

6 Tips Belanja Online Saat Flash Sale, Dapatkan Barang Incaranmu di Harbolnas Nanti!

HAI-Online.com -Waw lagi Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) nih bro. Udah dapat barang apa aja? Eits, sebenarnya lo tau nggak sih ada beberapa barang yang sebaiknya beli langsung alias bukan lewat situsonline.

Emang sih beli di onlinelebih mudah, praktis, apalagi kalau ada diskon harganya bisa jadi lebih murah. Cuma, lo mesti perhatiin banyak hal, kayak kecocokan dengan diri lo, ukuran, keaslian, dll.

DilansirKompas.comdariHow Stuff Works,ini beberapa barang yang sebaiknya nggak lo beli disitusonline.Ini sebaiknya loh ya, buka berarti dilarang.

Baca Juga : Pengalaman Belanja Eksklusif: Sentuh Barangnya di Gerai, Belinya di Onmezzo.com

1. Parfum

Parfum ya mesti lo coba dulu kan ya sob dan sesuain sama minat serta kondisi lo. Parfum juga bakal beda-beda aromanya kalau disemprot ke tubuh.

Nah, makanya kayaknya ada baiknya nih kalau beli parfum tuh langsung biar bisa dicoba dulu. Jadi nanti ada aroma parfum yang menyatu ke aroma tubuh.

Mungkin kalau lo mau beli parfumlewat situsonline,pastikan parfum itu emang udah pernah lo beli secara langsung sebelumnya dan terjamin kualitas keasliannya. Banyak loh parfum-parfum palsu yang beredar.

2. Obat-obatan

Buat obat-obatan medis yang butuh resep khusus bakal agak rawan sih bro kalau lo beli di situsonline.Obat-obat tertentu itu nggak bisa asal dijual secara bebas dan emang perlu resep dari dokter terkait.

Kalau beli di situsonline,biasanya mungkin karena pertimbangan harga yang lebih murah dibanding menebus di apoteker atau rumah sakir secara langsung.

Walau emang ada apotek-apotekonlineyang resmi buat menjual obat medis, tapi ada kemungkinan penjualnya belum teregistrasi dan mengedarkan obat yang sama. Jadi, lo mesti waspada ya sob.

Baca Juga : Berkat Meme BM 2808 AE-nya yang Viral, Mahasiswa Riau Ini Akhirnya Bisa Beli Motor Baru

3. Barang berukuran besar

Kenapa sih barang berukuran besar nggak dianjurin beli di situsonline?Hal itu terkait keamanan pengiriman dan antisipasi kerusakan saat pengiriman.

Kalau barang besar itu bakal dikirim dengan jasa ekspedisi yang bikin kalau ada kerusakana tau hal-hal lain sulit diklaim. Sedangkan kalau beli barang langsung, proses pengantaran, instalasi, dan kontas buat garansi lebih jelas dan aman.

Cuma, sekarang udah mulai banyak kok toko-tokoofflineyang punya situs jual belionline.Lo pelajari benar deh bro kalau emang mau beli barang besar, apalagi kalau pengirimannya jauh dan perlu dikemas khusus.

4. Barang bermerek ternama

Udah pasti dong jangan sampai asal beli barang bermerek ternama, apalagi kalau di situs-situsonlinedengan pedagang yang belum terjamin. Jangan cuma karena tergiur harganya yang murah aja, tapi pastikan emang barang lo asli.

Apalagi nih, sekarang barang-barang tiruan udah makin mirip nyaris kayka aslinya dan bikin susah dibedain. Mending beli di toko-toko yang udah pasti aja deh.

Mau belanja mesti perhatikan banyak hal sob. Jangan cuma karena praktis dan harganya lebih murah aja ya. Pastikan penjual benar dan terjamin. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya