Muncul Pertama Kali Tahun 1982, Ini Evolusi Mobil Listrik di Dunia

Jumat, 23 November 2018 | 13:43
Pinterest

Mobil listrik pertama karya Robert Anderson

HAI-Online.com - Siapa bilang teknologi mobil listrik adalah penemuan zaman modern? Ternyata mobil listrik bukan sesuatu yang baru di dunia, sob.

Bahkan cikal bakal mobil listrik udah ada lebih dulu sebelum kendaraan bermesin gas.

Prototipe kendaraan listrik bahkan sudah ada sejak tahun 1832. Robert Anderson adalah seorang berkebangsaan Skotlandia yang mengembangkan kendaraan listrik untuk pertama kalinya.

Namun baru di tahun 1870-an kendaraan berbasis listrik mulai praktis dan dapat digunakan seperti layaknya mobil di zaman sekarang.

Baca Juga : Keren dan Futuristik, Mobil Listrik Buatan Indonesia Jadi Armada TNI-AL

Dibandingkan mobil bertenaga uap dan gas, pada zamannya mobil bertenaga listrik udah lebih hening dan gampang dikendarai.

Apalagi mobil berbasis listrik nggak ngeluarin asap polutan yang bau. Dengan cepat kendaraan ini populer di kota-kota besar Amerika Serikat.

Bahkan pada awal tahun 1900-an, kendaraan listrik sempat mengisi sepertiga dari seluruh kendaraan yang beredar di jalan.

Namun setelah ditemukannya teknologi pengolahan minyak mentah yang lebih murah, kebutuhan akan kendaraan bertenaga ini mulai sedikit diabaikan.

Kondisi ini bikin mobil listrik sedikit demi sedikit menghilang dari peredaran. Riset para ahli dan insinyur pun cenderung lebih kepada mobil dengan internal combustion engine.

Harga minyak mahal, mobil listrik dilirik lagi

Topspeednews.com
Topspeednews.com

GM EV-1, Mobil listrik pertama yang diproduksi massal

Setelah krisis minyak dunia di tahun 1960-an hingga 1970-an, banyak produsen otomotif yang mulai ngelirik lagi teknologi listrik.

Salah satunya General Motors, yang mulai bikin prototipe kendaraan listrik untuk perkotaan pada tahun 1973.

Dipimpin oleh Roger Smith, pada 1988 General Motors mulai ngenalin mobil listrik produksi massal pertama, EV 1.

Pabrikan Jepang ramaikan industri mobil listrik

insideev.com
insideev.com

Nissan Leaf jadi inisator produsen Jepang di mobil listrik

Dilansir dari Gridoto.com,Honda barangkali jadi pabrikan Jepang pertama yang bikin mobil listrik bernama EV Plus di tahun 1997.

Nggak kayak Honda Insight yang hybrid, EV Plus benar-benar cuma ngandelin baterai 12 V yang bikin mobil itu bisa berjalan sejauh 160 km dalam sekali pengisian hingga penuh.

Kemudian Mitsubishi juga turut meramaikan pasar dengan menjual i-MiEV, mobil full elektrik bertenaga baterai lithium-ion yang meluncur pada tahun 2009.

Sementara Nissan mungkin jadi yang tersukses dengan produk andalannya LEAF. Mobil listrik tersebut terjual puluhan ribu unit di dunia.

Lain halnya Toyota, kehadiran mobil ramah lingkungan pertamanya dimulai dengan Prius Hybrid pada tahun 1997.

Semenjak itu, Toyota memang fokus dengan pengembangan mobil hybrid. Yaitu gabungan antara mesin internal combustion engine dengan motor listrik ataupun teknologi ramah lingkungan lainnya.

Baru-baru ini Toyota pun mulai luncurkan iQ EV dan i-ROAD sebagai salah satu andalannya untuk kendaraan full electricity.

Nggak cuma urusan ramah lingkungan

Evo.co.uk
Evo.co.uk

Rimac Concept One membawa arah baru mobil elektrik

Selain produsen Jepang, banyak pabrikan otomotif dunia yang ikutan bikin kendaraan listrik. Nggak cuma buat urusan ramah lingkungan, mobiljuga turut dikembangkan untuk incar performa.

Tahun 2006, untuk pertama kalinya Tesla Roadster yang mampu berjalan sejauh 356 km. Pada waktu itu Tesla Roadster bisa dibilang menjadi mobil listriktercepat di dunia, dengan klaim catatan akselerasi dari 0-100 km/jam dalam 4 detik.

Tesla juga hadir dengan Model S yang hadir dalam beberapa varian, tipe P100D jadi yang paling besar tenaganya.

Saat mengeluarkan tenaga maksimal, Tesla Model S P100D sanggup hasilkan output sebesar 568 kW atau setara 762 dk.

Rekor itu akhirnya dipecahkan oleh Rimac, pabrikan mobil listrikasal Kroasia. Di tahun 2014, Rimac Concept One lahir dengan total output 913 kW atau setara 1.224 dk.

Tenaga sebesar itu membuatnya sanggup berlari dari diam hingga 100 km/jam hanya dalam 2,5 detik. Angka ini sekaligus membuatnya jadi mobil listriktercepat di dunia saat ini. (*)

Editor : Al Sobry