6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengendara Motor Saat Hujan

Jumat, 23 November 2018 | 10:02
iStock Editorial

Ilustrasi berkendara motor saat hujan

HAI-Online.com - Sekarang udah masuk musim hujan nih sob, bahkan intensitasnya cukup tinggi dan disertai angin. Buat sebagian masyarakat, hujan akan sedikit mengganggu aktivitas,terutamabuat kita para pengendara sepeda motor.

Saat musim hujan ini, masih banyak pengendara motor yang cuek dengan keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Mereka juga kerap melakukan kesalahan yang bisa berakibat fatal bagi diri sendiri maupun orang lain.

Kesalahan-kesalahan ini sebaiknya kalian perhatikan deh, sob.

Baca Juga : Waspada, Sob! Ini Daerah Sekitar Jakarta yang Rawan Ranjau Paku

1.Jas hujan ponco

Jas hujan jenis ini bukan didesain buat berkendara sepeda motor, melainkan untuk pejalan kaki. Modelnya yangnggak tertutup semua dan rentan akan terpaan angin, membuatjas hujan model iniberisiko kecelakaan saat dipakai pengendara sepeda motor.

Sudah banyak pengendara yangmengalami kecelakaan akibat jas hujan ponconya tersangkut di gir atau kendaraan lain.

2.Kecepatan berkendara

Saat mulai gerimis, banyak pengendara motor yang malah menambah kecepatan kendaraannya alias ngebut. Alasannya,agar sampai di tempat tujuan sebelum kena hujan deras.

Padahal kebiasaan seperti iniberisiko kecelakaan.Saat mulai hujan, aspal yang banyak pasir kemudian terkena air hujan akan membuat jalanan lebih licin dan dapat mengakibatkan tergelincir.

3. Berteduh

Banyak pengendarayang lupa atau malas membawa jas hujan. Mereka lalu lebih memilih berteduh untuk menunggu hujan reda. Namun masalahnya, lokasi tempat berteduh ini yang kerap mengganggu pengendara lain.

Berteduh memangnggak dilarang, tapi juga harus tetap patuh aturan seperti memperhatikan rambu-rambu lalu-lintas dannggak memakan badan jalan. Hindari tempat berteduh yang bisa menimbulkan kemacetan lalu-lintas, seperti di underpass, kolong flyover atau halte bus.

Baca Juga : 4 Motor Trail Bekas Ini Bisa Lo Beli Karena Harganya Jatuh Banget

4. Sepatu

Banyak bikers yang lebih sayang sepatu dari pada kakinya sendiri. Saat hujan, mereka lebih memilih menggunakan sandal danseringkali sampainyeker aliasnggak pakaialas kaki.

Padahal, sepatu adalah piranti wajib saat naik motor, untuk menghindari risiko cedera parah apabila terjadi kecelakaan.

5. Cover tas

Bagipengendarayang kerap membawa tas apalagi model backpack, bisa memberikan masalah tersendiri saat hujan.

Banyak yang kemudian mengakalinya dengan memasukan ke dalam jas hujan, tapi malah menghambat gerak badan, dan ini bakal bermasalah saat motor butuh bermanuver. Solusi paling benar adalahdengan memasang cover tas yang anti-air sebelum berkendara.

6.Helm

Helm yang berembun saat hujan diakibatkan oleh hembusan nafas dan perbedaan suhu udara di dalam bagian helm dan luar helm. Kondisi ini bisa menggangu pandangan ke jalan. Untuk pengguna helm full face, cukup buka sedikit bagian visor dan biarkan udara dari luas masuk untuk menghilangkan uap di visor.

Editor : Al Sobry

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya