Jangan Ngedumel Mulu, Ini 5 Cara Ampuh Mengatasi Medsos Toxic

Rabu, 21 November 2018 | 09:16
bmedia4tech.com

Instagram adalah media sosial paling buruk bagi kesehatan mental

Hai-Online.com -Belakangan kayaknya mulai banyak orang yang jengah dengan media sosial. Beberapa malah milihquitdari Instagram atau media sosial (medsos) lain karena merasatoxic.Bikin punya rasa iri,insecure,dan sederet hal negatif lain buat diri.

Nggak jarang juga nih, medsos mungkin bikin kita jadi pengen pamer terus. Mau makanupdate,pergi ke manaupdate. Kadang suka cemburu lihat update-anteman dengan kehidupannya yang kayaknya asik. Padahal belum tentu loh kehidupan aslinya se asik itu bikin kita pengen jadi mereka.

Baca Juga : Hidup Normal ala Karin Novilda, Menjauhi Toxic Social Media!

Dilansir dariKompas.comdari Pyschology Today,psikolog Mike Brooks, Ph.D bilang gawai sih emang mudahin kita komunikasi dengan teman dan keluarga. Namun, medsos juga bikin kita lebih mudah bandingin diri dengan orang lain dan memicu perundungan siber (cyber bullying).Ujung-ujungnya jadi kurang bersyukur dan selalu aja ngerasa kurang.

Biarhidup rasanya nggaksekedarupdate, likes,dan komentar sesama pengguna medsos aja, nihHaikasih tahu beberapa cara ampuh biar bikin medsosanti-toxic.

1. Manfaatin fitur Mute dan Hide

Jengah sama berbagai masalah yang ada di media sosial, khususnya twitwarnggak berkesudahan? Tenang, nggak usah langsung emosi dan ngedumel. Lo bisa kok coba menggunakan fiturmuteuntuk kata kunci, bahkan kalimat tertentu di Twitter.Caranya tinggal atur di menu Notifications aja bro.

Selain itu, Twitter juga menghadirkan fitur Hide untuk akun yangfollow.Jadi, ini opsi sih buat lo yang nggak maublockatauunfolloworang, tapi ogah liattweet-tweet-nya.

Nggak cuma Twitter yang punya fitur Mute. Instagram pun demikian. Bedanya, di Instagram lo bisa nge-muteunggahan orang, baikfeedmaupunstory.Fitur ini mirip-mirip sama Hide di Twitter, cuma lo tetap bisa kok liatpost-nya di profil.

Sebenarnya sih ada juga fitur Hide di Instagram. Namun, itu bikin orang lain nggak bisa liat akun lo.

2. Follow akun berdampak positif

Jangan ngeluh melulu aja sob karena konten medsos yang hadir di linimasa lo negatif. Mungkin, lo mesti menyaring akun-akun yang diikuti. Banyak loh akun-akun yang bawa dampak positif. Daripada marah-marah mulu, ya mendingfollowakun asik yang "bener".

Kalau pun bertemu akun yang lo rasa bawa dampak buruk,unfollow!Percaya deh, banyak banget hal baru positif yang bisa lo dapat di medsos. Misalnya info-info terkini soal kebencanaan dari BNPB, cerita-cerita yang menginspirasi dari Proud Project, dan lainnya.

3. Atur waktu lewat fitur di Instagram

Thanks toInstagram yang bikin kita lebih ingat waktu saat asik berselancar di medsos. Lo bisa atur deh durasi lo berlama-lama di Instagram. Coba lo cek deh pilihan "Your Activity" di menu Instagram. Lo bisa tuhmanagewaktu, bisa nge-set pengingat dan aturan notifikasi.

Kalau udah sampai batas waktu maksimal, lo akan mendapat notifikasi dari Instagram. Bahkan, lo juga akan diperlihatkan rata-rata lo menghabiskan waktu di Instagram setiap harinya. Ini jadi bikin lo lebih tahu waktu sih dan mikir tentang kegiatan sehari-hari.

4. Saring sebelumsharing

Penting banget nih buat saring dulu informasi yang lo dapat di medsos sebelumsharing.Lo nggak suka konten hoaks, ya lo juga jangan jadi pelakunya bro. Pahami dulu, cermati baik-baik informasi yang didapat.

Coba deh, cek sumber asli, bandingkan dengan beberapa sumber lain. Baca-baca juga perspektif lain soal informasi tersebut yang mana tahu bisa lebih mencerahkan lo. Ini menjauhkan diri dari medsos yangtoxicjuga kok untuk nggak menelan mentah-mentah info yang baru didapat.

Nggak semua hal mesti loshareke medsos kok. Yuk jadi lebih bijak!

5. Enjoy your moment in real life

Fix! Atur prioritas. Udah berapa lama sih lo betahscroll timelineTwitter atau Instagram? Jangan-jangan malah jadi lupa waktu sama kehidupan nyata yang beneran lo jalani. Atau malah "kehilangan" diri di kehidupan nyata.

Jangan sampai nih, karena keasikan di medsos lo lupa sama sederet tanggung jawab dan hal lain di kehidupan nyata. Mulai dari malas ngerjain tugas, sampai nggak makan dan jadi orang penyendiri takut bergaul sama orang direal life.Let's enjoy your moment in real life,bro!

Mulai dari hal sederhana deh, ngobrol atau nongkrong tanpa asik sendiri dengangadget.Nggak enak kan, masa ada orang ngomong dicuekin? Ini bikin lo tahu batas-batas diri sih untuk bersikap dan menjauhkan dari pemikiran bahwa medsos itutoxic.

Selain itu, coba deh kurang-kurangin membandingkan diri sama orang lain di medsos. Jangan apa-apa iri duluan. Bersyukur dan nikmati kehidupan nyata diri lo sendiri.

Editor : Al Sobry