Follow Us

Mirip Totoro, Kakinya Delapan, tapi Hewan Ini Bukan Anjing atau Laba-laba

Hai Online - Selasa, 13 November 2018 | 15:00
hewan Opiliones atau Harvestman
iflscience.com

hewan Opiliones atau Harvestman

HAI-ONLINE.COM - Ferris Jabr seorang penulis sains, membagikan beberapa foto dan video melalui akun twitter-nya, yakni hewan berkaki delapan yang memiliki kepala menyerupai kepala anjing.

Sekilas, hewan ini kayak karakter Totoro dari Ghibli.

Gambar tersebut diambil oleh Andreas Kay, seorang ilmuwan dan fotografer.

Hewan tersebut bukanlah laba-laba, melainkan Arachnida yang disebut sebagai Opiliones atau Harvestman, sedangkan dalam ilmiahnya disebut sebagai Metagryne bicolumnata.Keseluruhan gambar tersebut diambil di Ekuador pada bulan Juli tahun lalu, seperti dilansir dari Kompas.com pada Senin (12/11/2018).

Ukuran tubuh makhluk tersebut lebih kecil dari kuku ibu jari manusia. Namun, ia memiliki kepala yang mencolok dan terlihat seperti anjing atau kelinci. Selain itu, makhluk tersebut juga lengkap dengan telinga, mata dan hidung.

Baca Juga : Caper Sama Alien, Ilmuwan Bakal Tembakkan Laser ke Luar Angkasa

bentuk tubuh dari harvestman
Andreas Kay/iflscience.com

bentuk tubuh dari harvestman

Kay mengatakan beberapa detail mengenai hewan tersebut. Ia mengungkapkan bahwa binatang berkaki delapan itu berasal dari keluarga Cosmetidae, dalam urutan Opiliones yang biasanya disebut sebagai Harvestman.

"Bertentangan dengan keyakinan umum, Harvestman nggak memiliki kelenjar racun dan sama sekali nggak berbahaya. Harvestman telah ada senggaknya selama 400 juta tahun dan hidup sebelum dinosaurus," ucap Kay.

Walaupun bentuknya menyerupai laba-laba, tetapi Kay membantah bahwa Harvestman termasuk ke dalam jenis hewan laba-laba. Menurutnya, hewan tersebut termasuk ke dalam kelas yang sama dengan Arachnida, tetapi nggak terkait erat dengan laba-laba.

harvestman
iflscience.com

harvestman

Ia juga menambahkan kalo makhluk itu pertama kali diperkenalkan pada tahun 1959 oleh Carl Friedrich Roewer, seorang ahli Arachnida asal Jerman. Walaupun sudah hampir 60 tahun lalu hewan seperti itu pertama kali ditemukan, tetapi hewan jenis tersebut belum dipelajari secara ekstensif. Bahkan sangat sedikit studi yang dipublikasikan mengenai hewan tersebut.Hal inilah yang menyebabkan belum terdapatnya penjelasan mengenai bercak mata dan tonjolan seperti telinga yang menyerupai anjing pada tubuh makhluk tersebut. Dugaan dasar yang timbul adalah harvestman memiliki bentuk kepala yang menyerupai anjing untuk membuat makhluk tersebut tampak lebih besar dan memudahkan untuk berburu.Penemuan tersebut terbilang unik, tetapi bukanlah yang pertama. Pada bulan Januari 2018, para ilmuwan menemukan 18 spesies baru laba-laba pelikan yang penampilan fisiknya tentu saja terlihat seperti pelikan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Berkaki Delapan dan Berkepala seperti Anjing, Hewan Apakah Ini?"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest