Follow Us

Peringkat Liga Terbaik Asia Dirilis, Liga 1 Indonesia Nomor 7 di ASEAN

Bayu Galih Permana - Senin, 12 November 2018 | 18:27
Liga 1 Indonesia
Bolasport

Liga 1 Indonesia

HAI-Online.com - Nggak seperti La Liga Spanyol ataupun Serie A Italia yang mudah ketebak siapa pemenangnya, Liga 1 selalu menyajikan pertarungan sengit antara klub-klub terbaik dari berbagai daerah di Indonesia yang memungkinkan semua tim untuk meraih gelar juara.

Meskipun menampilkan keseruan dan tensi tinggi di tiap pertandingannya, ternyata jika dibandingkan dengan liga-liga dari negara lain di Asia, ranking Liga 1 Indonesia masih jauh dari sesama penghuni ASEAN seperti Thailand maupun Malaysia.

Baca Juga: Ini 8 Tim Terbaik MPL Season 2 yang masuk Babak Playoff di Surabaya

Dilansir dari Footy Rankings, Liga 1 Indonesia saat ini berada dalam posisi ke-27 dalam data peringkat AFC dari liga-liga sepak bola di benua Asia per 11 November 2018, mengungguli negara ASEAN lainnya seperti Timor Leste, Brunei Darussalam, Laos, dan Kamboja.

Padahal jika diperhatikan lebih lanjut, jumlah poin yang didapatkan Indonesia (4.100) pada tahun 2018 ini unggul dari negara-negara yang berada di atasnya seperti Hong Kong (3.300), Malaysia (3.633), Lebanon (3.933), Bahrain (1.633), Syria (2.000), dan Myanmar (4.062).

Baca Juga : Ranking Jersi 10 Peserta Piala AFF 2018 versi Fox Sports, Indonesia?

Sementara Thai League T1 (Thailand) sendiri menjadi negara ASEAN yang memiliki liga sepak bola terbaik, unggul jauh dari Malaysia Super League (Malaysia), Philippines Football League (Filipina), Singapore Premier League (Singapura), V.League 1 (Vietnam), Myanmar Nationall League (Myanmar).

Untuk liga dengan posisi teratas di benua Asia sendiri ditempati oleh QNB Stars League (Qatar), diikuti oleh Chinese Super League (China), UAE Arabian Gulf League (UEA), K League 1 (Korsel), dan J1 League (Jepang).

Ranking Liga Terbaik Asia 2018 per bulan November
Footy Rankings

Ranking Liga Terbaik Asia 2018 per bulan November

Meskipun berada di peringkat 27 dalam daftar, pada tahun 2018 sepertinya Liga 1 Indonesia mengalami peningkatan cukup signifikan sob, buktinya perolehan poin mereka tahun ini mengungguli negara-negara di atasnya.

Kita doakan aja semoga kondisi persepakbolaan tanah air kita semakin baik ke depannya, sehingga Liga 1 Indonesia seenggaknya bisa menjadi nomor satu di ASEAN dulu deh ya! (*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest