Follow Us

Adu Baterai Smartphone Keluaran Setahun Terakhir, Mana yang Paling Awet?

Ricky Nugraha - Selasa, 06 November 2018 | 21:05
Ilustrasi baterai smartphone
iStockphoto

Ilustrasi baterai smartphone

HAI-online.com - Dalam beberapa kasus, smartphone keluaran terbaru ternyata memiliki daya tahan baterai yang kurang awet dibandingkan dengan smartphone lawas.

Hal ini ditemukan oleh jurnalis The Washington Post, Geoffrey A. Fowler yang melakukan uji coba baterai pada 13 smartphone Android dan iOS keluaran tahun 2017 sampai 2018.

Dalam uji cobanya, Fowler menggunakan tingkat kecerahan yang sama pada tiap smartphone, lalu dirancang agar terus-menerus browsing situs web. Sehingga, semua perangkat yang diuji dayanya dapat terkuras dari 100 persen ke nol persen.

Kemudian hasil uji cobanya tersebut ia tampilkan dalam sebuah diagram, dimana smartphone keluaran 2018 berwarna biru tua dan smartphone keluaran 2017 diberi warna abu-abu.

Baca Juga : Daftar 10 Smartphone Paling Ngebut Saat Ini, Punyamu Nomor Berapa?

Hasil uji coba daya tahan baterai 13 smartphone keluaran 2017 sampai 2018
Washington Post Gadget Labs

Hasil uji coba daya tahan baterai 13 smartphone keluaran 2017 sampai 2018

Hasilnya, sampel Google Pixel 2 dan Google Pixel 2XL dalam pengujiannya lebih baik dibanding Google Pixel 3. Namun, baterai duo Google Pixel 2 nggak sebaik milik Google Pixel 3 XL.Untuk iOS, iPhone XS nggak memiliki ketahanan baterai sebaik iPhone X. Padahal kala diluncurkan, Apple mengklaim iPhone XS memiliki baterai yang 30 menit lebih lama dibanding iPhone X.

Menariknya, iPhone 8 Plus disebut Fowler memiliki daya tahan baterai lebih baik dibanding iPhone XS dan XS Max. iPhone XR, yang menjadi seri terendah di trio iPhone 2018, justru menjadi iPhone dengan daya tahan baterai lebih lama, sekaligus mengalahkan Galaxy Note 9.

Meski smartphone keluaran terbaru mendominasi peringkat teratas, tapi memang terbukti bahwa ada beberapa smartphone lawas yang lebih awet.

Uji coba tersebut juga menemukan fakta jika smartphone dengan layar lebih luas memiliki daya tahan baterai yang lebih tangguh. Cukup masuk akal, karena ukuran smartphone yang lebih luas, ruang baterai yang digunakan juga akan lebih besar.

Fowler juga menyebut jika smartphoe dengan layar elegan, seperti OLED dan didukung resolusi gambar yang tinggi, membuat konsumsi baterai semakin boros. (*)

Source : Kompas.com, andorid authority

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest