Follow Us

Bruce Dickinson, Vokalis Iron Maiden yang 'Nyambi' Jadi Pilot Profesional

Alvin Bahar - Kamis, 01 November 2018 | 16:29
Bruce Dickinson bersama pesawat resmi Iron Maiden, Ed Force One
Loudersound

Bruce Dickinson bersama pesawat resmi Iron Maiden, Ed Force One

HAI-ONLINE.COM - Rockstar atau pilot? Pertanyaan itu bisa kamu lontarkan ke Bruce Dickinson, pentolan Iron Maiden, dan ia mungkin bingung menjawabnya.

Soalnya, doi bisa melakukan dua hal tersebut dengan baik.Sosok Bruce Dickinson memang unik. Kesibukannya sebagai vokalis band kelas atas dunia nggak bisa menghalanginya buat mengejar cita-citanya yang lain: jadi pilot.Pria berusia 60 tahun ini belajar menerbangkan pesawat di Florida pada 1990 silam dan berhasil memperoleh surat izin sebagai pilot. Pada 2008-2009 merupakan pertama kalinya Dickinson menerbangkan Ed Force One Boeing 757 milik band-nya dalam rangka Somewhere Back in Time World Tour.

Bahkan, Bruce juga menerbangkan sendiri pesawat tersebut saat Iron Maiden manggung di Indonesia, 2011 silam."Saya sudah pernah menjadi pilot pesawat yang ditumpangi tim sepak bola Inggris, anggota kerajaan, tentara, hingga penumpang biasa," ucap Bruce di sebuah majalah musik.Yap, Bruce emang nggak cuma nerbangin pesawat milik bandnya aja. Tercatat, Bruce pernah bekerja di perusahaan penerbangan Astraeus, sebagai managing director dan kapten, dari 2007 hingga 2011.

Baca Juga : Dave Grohl Anggap Marilyn Manson Bikin Musik Grunge Meredup Saat itu ia bertugas menerbangkan pesawat komersil Boeing 757 dari Inggris Raya dengan tujuan Eropa, Afrika Utara, dan Timur Tengah.

Nggak cuma itu, Bruce juga punya pengalaman terbang ke wilayah konflik. Pada tahun 2007, pelantun Number of the Beast ini pernah ditugaskan mengangkut sekitar 200 warga Inggris Raya dari Lebanon saat terjadi konflik.Beberapa kali ia juga menerbangkan klub sepak bola buat tanding di negara lain. Bruce pernah menerbangkan klub sepak bola Skotlandia, Rangers FC, ke Israel saat bertanding di Piala UEFA lawan Hapoel Tel Aviv. Klub elite Inggris, Liverpool, juga pernahdia terbangkan saat duel lawan Napoli di Italia, Oktober 2010 lalu.Menjalani tur dan melakukan konser yang berpindah-pindah sekaligus menjadi pilot pesawat tentu butuh stamina prima. Apalagi, si “kakek” juga terlihat masih energik ketika di panggung.Rahasia stamina vokalis yang sempat bersolo karier ini tetap terjaga ternyata adalah anggar. Di beberapa situs, para penggemar bahkan menyebut kemampuan Bruce bermain anggar sudah seperti atlet sesungguhnya."Selama tur, saya selalu membawa peralatan anggar. Di mana pun, jika ada waktu senggang, saya pasti akan berlatih. Musik dan anggar menjadi bagian hidup saya yang amat penting," sebut Bruce.Oke, pertanyaan kami revisi. Rockstar, pilot, atau atlet anggar? (*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest