Follow Us

Gimana Mengatasi Rasa Takut Naik Pesawat? Ini 10 Tips Berfaedah!

Ricky Nugraha - Selasa, 30 Oktober 2018 | 20:11
Ilustrasi takut naik pesawat
iStockphoto

Ilustrasi takut naik pesawat

HAI-online.com - Perasaan takut atau khawatir bisa saja muncul pada setiap orang ketika menaiki alat-alat transportasi umum, seperti pesawat. Bayang-bayang tentang kasus kecelakaan yang terjadi, bisa semakin memicu rasa takut tersebut.

Tapi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa takut itu. Kapten Steve Allright dari British Airways, maskapai yang sudah mengedukasi lebih dari 50.000 orang selama 30 tahun, membagikan beberapa tipsnya.

Tips-tips tersebut biasanya diberikan pada pelatihan singkat untuk menghilangkan ketakutan seseorang saat terbang. Meski pelatihan tersebut tak seluruhnya sukses, namun presentase keberhasilannya cukup besar.

Tips-tips dari British Airways tersebut bisa kalian praktikan untuk mengatasi ketakutan ketika naik pesawat terbang. Simak langsung 10 tipsnya di bawah ini:

Baca Juga : 4 Alasan Mengapa Orang Ikut Membagikan Hoaks Saat Terjadinya Musibah

1. Turbulensi nggak berbahaya

Ingatlah bahwa turbulensi bukan lah sesuatu yang nyaman, namun nggak berbahaya. Turbulensi adalah sesuatu yang normal pada penerbangan dan disebabkan oleh alam.

2. Cobalah mengontrol nafas

Ketika merasa cemas, cobalah bernafas dengan tenang dan dalam. Tarik nafas dan ikuti dengan membuang nafas dalam-dalam.

3. Kombinasikan pernafasan dalam dengan kontraksi otot

Menahan otot pantat adalah salah satu cara yang efektif karena akan menghilangkan sinyal gelisah yang dikirimkan otak ke bawah tulang belakang.

Source : Kompas.com, express.co.uk

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest