Follow Us

4 Hoaks yang Muncul Terkait Jatuhnya Lion Air JT 610 dan Fakta di Baliknya

Bayu Galih Permana - Selasa, 30 Oktober 2018 | 17:30
Ilustrasi #PrayForLionAir
Farhan/HAI

Ilustrasi #PrayForLionAir

HAI-Online.com - Dunia penerbangan Indonesia kembali berduka setelah pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 610 dipastikan jatuh di perairan Tanjung Karawang setelah hilang kontak pada Senin pagi (29/10).

Di tengah kondisi yang tengah berkabung, mirisnya banyak oknum-oknum nggak bertanggung jawab yang sengaja menyebarkan hoaks, salah satunya melalui media sosial.

Entah apa motif di baliknya, sejauh ini HAI udah berhasil menemukan 4 hoaks yang tersebar seiring jatuhnya Lion Air JT 610.

Apa saja sih?

Langsung aja HAI bagikan buat kalian 4 hoaks yang muncul seusai jatuhnya pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 610 beserta fakta di baliknya.

1. Foto Penumpang Pesawat yang Menggunakan Masker Oksigen

Ada sebuah foto yang diklaim sebagai gambar dari penumpang Lion Air JT 610 yang tengah menggunakan masker oksigen beberapa saat sebelum pesawat tersebut jatuh ke perairan Tanjung Karawang.

Faktanya, gambar tersebut merupakan foto dari para penumpang Sriwijaya Air beberapa waktu lalu saat terjadinya turbulensi, dan semua penumpang berhasil selamat.

"Dua foto ini bukan penumpang pesawat JT 610. Foto ini kondisi penumpang pesawat Sriwijaya saat turbulensi beberapa waktu lalu. Semua penumpang dan pesawat selamat," tulis Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho lewat akun Twitternya.

Baca Juga : Berkaca Pada Kasus Lion Air JT 610, Mengapa Pesawat Baru Bisa Alami Kecelakaan?

Halaman Selanjutnya

2. Foto Bayi yang Selamat
1 2 3

Source : Twitter

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest