Follow Us

Meteorit Langka Ini Laku Rp9.3 Miliar, Mau Tau Apa Kerennya?

Hai Online - Rabu, 24 Oktober 2018 | 15:00
Meteorit NWA 11789 yang terjual Rp 9,3 Miliar
kompas.com

Meteorit NWA 11789 yang terjual Rp 9,3 Miliar

HAI-ONLINE.COM - Sebuah meteorit bulan yang amat langka baru saja terjual dengan harga Rp9,3 miliar di Amerika Serikat. Meteorit langka tersebut terdiri dari enam fragmen yang bisa dicocokan satu sama lain seperti sebuah puzzle.Dari hasil penelitian, diketahui bahwa batuan luar angkasa tersebut terlempar dari permukaan Bulan di masa lalu akibat tabrakan meteorit yang berbeda.Ia kemudian menempuh 384.400 kilometer perjalanan ke Bumi dengan berbagai rintangan sebelum akhirnya ditemukan di sebuah padang pasir Afrika Barat laut, tahun lalu. Dengan total berat 5,5 kilogram, meteorit ini memiliki fusi parsial di salah satu sisinya. Fusi tersebut diperkirakan terbentuk dari panas ketika ia melewati atmosfer Bumi.

Berdasarkan ciri-ciri yang disebutkan, meteorit itu diketahui sebagai yang terbesar dari puzzle bulan.

Baca Juga: Ngintip SKO Ragunan Jakarta, Tempat Lalu Muhammad Zohri Latihan Sambil BelajarSaat pada pertama kali ditemukan, meteorit tersebut berada jauh dari pemukiman penduduk. Dengan fitur geografisnya, mereka diberi penandaan numerik NWA 11789 oleh peneliti."Pemenang tawaran ini datang dari perwakilan yang bekerja dengan Kompleks Pagoga Tam Chuc, Provinsi Ha Nam, Vietnam," ucap petugas rumah lelang RR Boston, dikutip dari The Hindu."Kami sangat senang dan gembira, meteorit Bulan yang megah ini akan dengan bangga dipajang di fasilitas indah ini (Pagoda Tam Chuc), dan 'Puzzle Bulan' itu akan megilhami para siswa sains generasi mendatang," imbuhnya.Menurut rumah lelang RR Boston, meteorit ini menjadi benda langit terdekat yang pernah dijual dalam sejarah ilmu meteorit.

Artikel ini pertama kali tayang di National Geographic dengan judul "Meteorit Langka Dilelang Seharga Rp9,3 Miliar, Apa Keunggulannya?"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular