Follow Us

Asiknya Bikin Anyaman Tradisional Bareng Masyarakat Flores Timur

Dewi Rachmanita - Jumat, 26 Oktober 2018 | 05:25
Ibu di Flores kini semakin melestarikan budaya mengayam setelah hadirnya Du'Anyam
HAI/Dewi Rachmanita

Ibu di Flores kini semakin melestarikan budaya mengayam setelah hadirnya Du'Anyam

HAI-Online.com - Pernah lihat tikar dari anyaman? Lo tahu nggak bro anyaman itu proses pembuatannya perlu waktu yang lumayan lama loh.

HAI berkesempatan nih buat belajar gimana bikin anyaman dari awal banget bahan baku diambil sampai siap diolah jadi produk lebih fungsional langsung di Flores Timur, NTT.

Bersama Du'Anyam dalam DBS Daily Kindness Trip, HAI ngepoin masyarakat di Wulublolong, Pulau Solor dan Duntana. Jangan harap jalan mulus kayak di Ibu Kota. Butuh perjuangan ekstra buat lihat dan belajar langsung mengayam di Flores.

Baca Juga : Lexus Luncurkan Mobil dengan Kamera untuk Gantikan Kaca Spion

Travelling ke Flores, NTT
HAI/Dewi Rachmanita

Travelling ke Flores, NTT

Buat ke Pulau Solor sendiri, HAI mesti nyebrang laut dengan kapal dari Larantuka. Perjalanan laut ini memakan waktu sekitar 60 menit. Selama perjalanan, lo bakal disuguhi pemandangan keren.

Kondisi geografis Flores berupa perbukitan dan pegunungan nampak cantik di sekeliling laut. Hal yang mesti lo perhatikan adalah, jadwal kapal penyebrangan terbatas. Jadi, jangan sampai ketinggalan. Biaya untuk satu orang Rp15.000 sedangkan motor Rp30.000 (dihitung dua orang).

Ombak sih cenderung tenang, nggak terlalu tinggi. Aman deh buat lo yang takut mabok laut.

Perjuangan masih berlanjut sesampainya di pelabuhan. Mesti menumpang pick up yang udah dimodif buat sampai ke desa binaan Du'Anyam. Duduk berderetan sembari menyusuri jalan di Pulau Solor yang tak beraspal halus.

Baca Juga : 4 Peralatan Fotografi yang Wajib Dibawa Saat Travelling Biar Konten Oke

Pemandangan pun nggak kalah ciamik kayak di kapal. Bebatuan di bukit-bukit berhadapan dengan laut lepas jadi pengalaman perjalanan yang nggak boleh dilewatkan. Sesekali, para bocah lambaikan tangan saat rombongan melintas jadi tambahan pengalaman tak terlupakan di Flores.

Penyambutan di desa binaan Du'Anyam di Flores Timur, NTT
HAI/Dewi Rachmanita

Penyambutan di desa binaan Du'Anyam di Flores Timur, NTT

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest