Follow Us

Menawannya Matahari Terbit di Puncak Gunung Kelimutu, Flores

Dewi Rachmanita - Selasa, 23 Oktober 2018 | 05:05
Keindahan danau Kelimutu di Flores, NTT
HAI/Dewi Rachmanita

Keindahan danau Kelimutu di Flores, NTT

HAI-Online.com - Masih inget nggak sob dengan uang pecahan Rp5000 lama bergambar danau Kelimutu? Yep, HAI berkesempatan buat lihat langsung tempat ikonik itu bro yang berada di Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur. Makin ciamik abis waktu ke sana saat matahari terbit.

Nama "Kelimutu" berasal dari gabungan kata "keli" dan "mutu" yang artinya mendidih. Danaunya sendiri emang berada di puncak Gunung Kelimutu sob. Ada tiga danau yang punya warna dan penamaan yang berbeda.

Danau tersebut, yaitu "Tiwu Nuwa Muri Koo Fai" yang berwarna biru tosca muda dan dipercaya tempat berkumpul jiwa muda yang meninggal, "Tiwu Ata Polo" yang berwarna hitam dan dipercaya tempat berkumpul jiwa jahat, dan "Tiwu Ata Mbupu" yang berwarna biru tosca dan dipercaya tempat berkumpul jiwa orang tua yang meninggal.

Baca Juga : Berburu Madu Hutan Langsung dari Asalnya di Duntana, Flores Timur

Keindahan danau Kelimutu di Flores, NTT
HAI/Dewi Rachmanita

Keindahan danau Kelimutu di Flores, NTT

Menuju puncak Kelimutu dan melihat danau-danaunya itu di ketinggian sekitar 1.639 m, lo mesti menaiki anak tangga. Di sekitarnya pun lo bakal menikmati keindahan alam pepohonan dalam lingkup taman nasional. Nggak jarang, ada monyet-monyet yang loncat ke sana ke mari di sekitar jalan.

Ada dua bagian tangga menuju puncak Kelimutu. Satu saat awal banget dengan ketinggian yang nggak begitu curam dan diselingi pepohonan di hutan. Lalu, jalan tidak lagi bertangga meskipun cenderung naik. Di jalan ini, lo udah mulai makin melihat jurang-jurang bro. Setelahnya, baru lo akan naik tangga yang lebih tinggi dibanding tangga pertama. Saat menaiki anak tangga ini, lo udah mulai lihat tuh puncak Kelimutu.

Keindahan danau Kelimutu di Flores, NTT
HAI/Dewi Rachmanita

Keindahan danau Kelimutu di Flores, NTT

Sesampainya di puncak, lo akan mendapat beberapa pedagang. Mulai dari minuman dan camilan, sampai tenun khas Flores. Jadi, nggak usah khawatir bakal kehausan atau kelaparan saat menikmati pemandangan Kelimutu.

Menginap di Desa Moni untuk melihat matahari terbit

Buat lo yang mau menikmati matahari terbit di puncak Kelimutu, ada baiknya menginap dulu di Desa Moni yang terletak di kaki gunung. Pasalnya, idealnya lo udah mulai naik ke puncak sejak dini hari sekitar pukul 3 pagi.

Ada sih emang beberapa orang yang HAI lihat nggak menginap dan rela menerobos dinginnya udara dari luar Desa Moni buat naik ke Kelimutu. Buat ke sini pun emang mesti pakai kendaraan pribadi. Jalannya pun khas pegununan yang menanjak dan berkelok-kelok. Cuma soal kondisi jalan udah aman mulus kok.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest