Follow Us

Teruntuk Jiwa Petualang, Ini 5 Destinasi Anti Mainstream di Flores NTT

Dewi Rachmanita - Sabtu, 20 Oktober 2018 | 07:15
Taman Nasional Kelimutu di Flores, NTT
HAI/Dewi Rachmanita

Taman Nasional Kelimutu di Flores, NTT

HAI-Online.com - Timur Indonesia emang nggak pernah ada abisnya buat di-explore. Buat lo yang mau perjalanan asik dan beda, Flores mesti masuk list. Pasalnya, daerah di Nusa Tenggara Timur ini lo bakal menemukan beragam keindahan, baik alam maupun budaya setempat.

Hal yang perlu lo perhatikan, Flores itu emang panas sob. Daerahnya cenderung kering dan kondisi geografisnya masuk dalam ring of fire serta dikelilingi lautan.

Buat ke Flores, lo bisa melalui jalur udara mendarat di Bandara Gewayantana di Larantuka, Bandara H. Hasan Aroeboesman di Ende, Bandara Frans Seda di Maumere, Bandara Komodo di Labuan Bajo, Bandara Frans Sales Lega di Ruteng atau Banda Soa di Bajawa.

Baca Juga : Ini 7 Pantai Unik di Dunia yang Wajib Dikunjungi Sewaktu Liburan

Semua itu rute domestik ya dan lo mesti transit dulu di bandar lain kalau dari Jakarta.

Selain lewat udara, lo juga bisa menuju flores lewat jalur laur dengan kapal Pelni maupun kapal lain dari pulau terdekat, seperti Bali dan Lombok.

Kalau selama ini orang tahunya Labuan Bajo, Pulau Komodo, atau Pulau Padar aja, kali ini Hai kasih lo rekomendasi destinasi lain di Flores. Tempat-tempat ini berada cenderung di Flores Timur bro.

1. Taman Nasional Kelimutu

Taman Nasional Kelimutu di Flores, NTT
HAI/Dewi Rachmanita

Taman Nasional Kelimutu di Flores, NTT

Ada yang pernah liat tampilan uang pecahan Rp5000 lama? Yep di sana tertera gambar keindahan Kelimutu. Gunung Kelimutu yang merupakan gunung berapi ini berada di Desa Pemo, Kelimutu, Ende. Menariknya, gunung ini punya tiga danau kawah di puncaknya bro yang dikenal dengan Danau Tiga Warna.

Sesuai namanya, emang tiap danau punya warna dan penamaan yang berbeda. Danau-danau tersebut, yaitu Tiwu Nuwa Muri Koo Fai yang berwarna biru tosca dan dipercaya sebagai tempat berkumpulnya jiwa muda yang meninggal, Tiwu Ata Polo yang berwarna hitam ke dan dipercaya sebagai tempat berkumpulnya jiwa jahat yang meninggal, dan Tiwu Ata Mbupu biru tosca tua yang dipercaya sebagai tempat berkumpulanya jiwa tua yang meningal.

Sebenarnya warna ketiga danau itu terus berubah bro. Kayak Tiwu Ata Polo yang tadinya berwarna merah dan Tiwu Ata Mbupu yang tadinya berwarna putih.

Halaman Selanjutnya

2. Desa-desa binaan Du'Anyam
1 2 3

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest