Follow Us

Wih! Raih 23 Emas, Indonesia Catat Sejarah di Asian Para Games 2018

HAI Internship - Kamis, 11 Oktober 2018 | 12:26
Menteri Pemuda dan OlahRaga RI Imam Nahrawi ditemani tim voli duduk putri Indonesia hadir menonton pertandingan tim voli duduk putra Indonesia melawan tim voli duduk putra Myamar yang berlangsung di Tenis Indor, Gelora Bung Karno, Minggu 7 Oktober 2018
INAPGOC/BONDHO TEGUH

Menteri Pemuda dan OlahRaga RI Imam Nahrawi ditemani tim voli duduk putri Indonesia hadir menonton pertandingan tim voli duduk putra Indonesia melawan tim voli duduk putra Myamar yang berlangsung di Tenis Indor, Gelora Bung Karno, Minggu 7 Oktober 2018

HAI-Online.com - Kontingen Indonesia berhasil mencatat sejarah baru di ajang Asian Para Games 2018. Sampai Rabu, 10 Oktober kemarin, Indonesia berhasil meraih 23 medali emas, 30 medali perak, dan 34 medali perunggu dengan total raihan 87 medali!

Raihan yang luar biasa ini, jadi yang terbanyak sepanjang sejarah keikutsertaan Indonesia di Asian Para Games. Di gelaran pertama tahun 2010 lalu di Cina, Indonesia cuman bisa meraih 1 emas aja. Raihan itu kemudian naik menjadi 9 emas di Incheon tahun 2014.

Raihan medali ini juga ternyata berhasil melampaui target medali yang ditetapkan pemerintah. Target yang sebelumnya ditetapkan berjumlah 16 medali emas, lebih 7 medali dari yang ditargetkan

Menurut Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, raihan ini jadi sejarah baru bagi Indonesia. Pak Imam pun mengucapkan terimakasih pada seluruh atlet yang udah berjuang, tim pelatih, dan official yang udah membantu para atlet.

Baca Juga : Kenapa Kursi Roda Atlet Asian Para Games 2018 Miring Keluar?

"Terima kasih kepada atas doa dan dukungan para suporter. Terima kasih kepada mereka yang rela meninggalkan pekerjaan demi memberikan suntikan semangat secara langsung di venue-venue pertandingan. Ini adalah kesuksesan yang harus kita rayakan bersama-sama," kata Imam, dilansir dari Kompas.com.

Raihan ini didapat setelah pada hari keempat penyelenggaraan kemarin, kontingen Indonesia berhasil mendulang total 15 medali emas! Dan jumlah ini bisa jadi bakal makin nambah karena hari pelaksanaan Para Games yang masih belum berakhir. Apalagi ada banyak cabor yang hasilnya melampaui target.

"Tenis meja targetnya cuman 2, tapi ternyata bisa dapat 4 medali. Catur juga melebihi target 4 emas," kata Imam.

Kesuksesan Indonesia di Asian Para Games tahun ini diharapkan jadi titik awal kesuksesan Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020 mendatang. Karena kalo makin banyak atlet yang berprestasi dan meraih medali, makin banyak juga yang bisa berangkat ke Tokyo.

Berikut tabel raihan medali per negara di Asian Para Games 2018

INAPGOC

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Raih 23 Medali Emas, Indonesia Torehkan Sejarah di Asian Para Games"

Penulis: Syifa Nuri Khairunnisa

Source : Kompas.com

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest