Follow Us

Widih, File Torrent Tertua di Dunia Masih "Online" Setelah 15 Tahun!

HAI Internship - Kamis, 04 Oktober 2018 | 20:34
File torrent The Fanimatrix
Kompas.com

File torrent The Fanimatrix

HAI-Online.com - Familiar sama jenis file torrent? Nah, beberapa waktu lalu, file yang katanya adalah file torrent paling tua di dunia, baru aja genap berumur 15 tahun.

File ini berisikan film fan-made berjudul The Fanimatrix yang terinspirasi dari seri film The Matrix. File ini sampai sekarang masih bisa diakses dengan bebas.

Film ini dibuat di tahun 2003 sama sekelompok orang asal Selandia Baru. Budget film ini cuman $800 aja sob! Itu pun hampir sebagian dipake buat beli wardrobe jaket kulit para pemainnya.

Baca Juga : Kalo Ada Virus Zombie, Bisakah Ilmuwan Mendeteksinya Sebelum Nyebar?

Setelah produksi, para pembuat film ini bingung kira-kira mau dibagikan via apa ya film mereka. Youtube belum lahir, tuh. Kalo mau sharing lewat metode HTTP atau FTP juga harganya waktu itu masih cukup mahal karena ongkos bandwidth yang tinggi. Sementara file mereka mencapai 150 MB, ukuran yang cukup besar pada masa itu.

Akhirnya, BitTorrent jadi solusinya. "Torrent bisa bikin file makin populer. Makin banyak yang download, pasti bakal makin banyak beban bandwidth yang dibagi," kata Sebastian Frost, salah satu anggota tim pembuat The Fanimatrix.

File The Fanimatrix diupload pada 28 September 2003. Nggak berapa kemudian, popularitas film ini meledak. Berdasarkan laporan dari New Zealand Herald, file torrent itu didownload sekitar 70.000 kali dalam waktu seminggu.

BitTorrent berhasil membantu tim The Fanimatrix menghemat biaya bandwidth mencapai $550.000 dalam bulan pertama aja. Selain itu, jumlah download yang besar juga tetap bisa dikontrol dan dilayani.

Waktu itu, torrent emang udah cukup populer digunakan sebagai fasilitas berbagi file. Tapi, sebagian besar file tersebut adalah bajakan. Buat The Fanimatrix, torrent jadi sebuah pilihan yang paling baik karena keterbatasan sumber daya.

"Seneng banget orang masih nyari The Fanimatrix setelah bertahun.tahun. Gue pikir banyak orang yang ikutan download file ini karena mau menjaga torrent tertua di dunia supaya bisa jalan terus. Ini keren," kata Frost yang mau memperbaiki situs original The Fanimatrix supaya tetap hidup. (*)

Source : Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest