Follow Us

Hari Batik Nasional: Jadi Begini Sejarah Batik di Indonesia, Ternyata Udah dari Majapahit!

HAI Internship - Selasa, 02 Oktober 2018 | 17:00
indonesian woman making batik design with wax on cotton
iStockphoto

indonesian woman making batik design with wax on cotton

HAI-Online.com - Hari batik nasional pas banget jatuh pada hari ini, 2 Oktober 2018. Batik yang khas banget sama Indonesia ini udah diakui juga sama UNESCO sebagai salah satu warisan budaya lisan dan budaya tak-benda sejak 2 Oktober 2009.

Biasanya, di hari batik nasional ini lo pasti disuruh pake batik ke sekolah. Batik emang udah identik banget sama kebudayaan kita, khususnya di masyarakat Jawa.

Tapi, lo tahu nggak sih sob, gimana sejarah perjalanan batik khususnya di Indonesia?

Jadi, dulu tuh wanita Jawa menjadikan keterampilan membuat batik ini sebagai mata pencaharian.

Dulunya, batik dianggap sebagai karya eksklusif yang bisa dibikin sama perempuan aja. Tapi, kemunculan batik cap, jadi memungkinkan cowok buat ikut bikin batik juga.

Secara etimologis, kata batik berasal dari bahasa Jawa, yaitu "amba" yang artinya menulis dan "tik" yang artinya titik. Kata ini kemudian berkembang jadi istilah batik, yang menggambarkan cara membuat titik dengan lilin yang menetes pada kain.

Selain itu, batik juga dikaitkan dengan teknik atau proses dari awal pembuatan motif hingga warna yang akan dicelupkan. Salah satu hal yang jadi ciri khas batik adalah cara pembuatannya, yang menggunakan alat khusus bernama canting.

Baca Juga : Ternyata Begini Asal Muasal Pilot Sering Bilang Kata 'Roger'Baca Juga : Ternyata Begini Asal Muasal Pilot Sering Bilang Kata 'Roger'

Sejarah batik di dunia

Teknik batik udah muncul sejak zaman kuno, dan nggak cuma di Indonesia aja.

Waktu itu, kebudayaan yang pertama kali menggunakan teknik sejenis batik adalah kebudayaan Mesir kuno pada abad ke-4 SM. Orang Mesir kuno menggunakan kain pembungkus mumi yang dilapisi sama lilin untuk membentuk sebuah pola.

Di Asia, teknik kayak gini ditemukan juga di Cina pada masa Dinasti Tang (618-907 SM), di India, dan Jepang pada periode Nara (645-794 SM). Terus ada juga kebudayaan yang serupa ditemukan di Afrika. Tepatnya di suku Yoruba di Nigeria, dan suku Soninke serta Wolof di Senegal.

Halaman Selanjutnya

Batik di Indonesia
1 2

Source : national geographic indonesia

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest