Follow Us

Aduh, Kura-kura Ini Pake Kursi Roda Karena Cangkangnya Pecah dan Terluka!

Dewi Rachmanita - Sabtu, 06 Oktober 2018 | 18:10
Kura-kura tersebut dibuatkan kursi roda oleh petugas
kompas.com

Kura-kura tersebut dibuatkan kursi roda oleh petugas

HAI-Online.com - Nggak cuma manusia aja yang butuh kursi roda saat punya luka serius, kura-kura ternyata juga bro. Akibat cangkang yang pecah dan kondisinya yang emang cukup parah, seekor kura-kura di Amerika Serikat diberi kursi roda buatan.

Dilansir dari National Geographic Indonesia, kura-kura tersebut ditemukan seorang petugas kebun binatang maryland di taman Druid Hill, Amerika Serikat pada Juli lalu. Petugas pun merawat kura-kura tersebut di kebung binatang, tapi masih tidak bisa bergerak.

Berangkat dari hal itu, petugas coba bikin kursi roda yang terbuat dari lego. Hal ini diupayakan agar kura-kura bisa kembali bergerak bro.

Baca Juga : 5 Fakta Pelajar SMP Kompak Sayat Tangan, Ternyata Bukan Karena Jajanan Benzo tapi Ikutan Challenge!

"Dia memiliki beberapa fraktur pada plastronnya (bagian bawah cangkan). Karena penempatan fraktur yang unik, kami mneghadapi tantangan berat untuk mempertahankan mobilitas kura-kura sembari melakukan perawatan penyembuhan," kata Elle Bronson kepada News Week.

Lebih lanjut, menurutnya kura-kura punya sistem penyembuhan yang jauh lebih lambat dibanding mamalia dan burung. Itu lantaran karena metabolisme mereka yang juga lebih lambat.

Makanya sob, kura-kura butuh alat bantu biar bisa bergerak sepanjang waktu sampai benar-benar pulih. Ide membuat kursi roda dari Lego sendiri dari Garett Fraess, seorang dokter hewan.

Mula-mula ia menyusun sketsa desain setelah mendapat Lego dari temnannya. Ia lantas membuat kursi roda seukuran kura-kura yang membuat mudah masuk dan keluar dari cangkang. Bahkan kura-kura nggak ragu bergerak.

"Ia menerimanya dan beradaptasi dengan baik. Kura-kura tersebut saat ini dalam kondisi baik selama cangkangnya tetap stabil," kata Fraess.

Kura-kura diperkirakan bakal pakai kursi roda sampai semua cangkangnya yang rusak menyatu. Selain itu emang sampai benar-benar sembut. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest