Follow Us

Keren, Pelajar Ini Ciptakan Desain Kantong Laundry Ramah Lingkungan!

HAI Internship - Sabtu, 29 September 2018 | 08:05
Contoh desain kantong laundry ramah lingkungan
Syifa/HAI

Contoh desain kantong laundry ramah lingkungan

HAI-Online.com - Buat lo anak asrama, salah satu rutinitas tiap minggu pasti masukin baju ke laundry. Bener, nggak?

Sadar nggak sih lo, kalo sebenernya kegiatan ini jadi salah satu penyumbang sampah plastik yang cukup besar?

Yap, plastik bekas bungkus laundry baju lo bakalan jadi sampah plastik yang susah didaur ulang dan ujung-ujungnya jadi sampah gitu aja. Waduh, terus solusinya gimana dong?

Baca Juga : Kenal Jonatan Christie, Citra Scholastika Mah Ogah Dapetin Lemparan Baju Basah Jojo!

Tenang, para pelajar dari SMA Insan Cendekia Madani punya gagasan asik nih buat menyelesaikan masalah itu. Para pelajar yang bergabung dalam tim untuk tantangan Envirochallenge yang digagas sama Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik dan United in Diversity.

Para pelajar SMA boarding school ini menciptakan ide buat memanfaatkan baju bekas yang sering ilang atau dilupakan pemiliknya di sekolah, dan mengubahnya jadi kantong laundry serbaguna yang tahan lama.

"Di sekolah kami ada satu ruangan gudang yang diisi sama banyak baju bekas. Kami mikir, kenapa nggak kami ubah aja baju bekas tersebut jadi sesuatu yang berguna, ya itu kantong laundry," kata salah satu perwakilan tim SMA Insan Cendekia Madani.

Nantinya, baju-baju bekas ini bakalan disatukan dengan cara dijahit sampai membentuk kantong besar. Baju-baju ini dilapisi beberapa kali, supaya kuat dan bisa menahan berat baju laundry. Selain itu, bakalan dilapisi juga sama sejenis karton yang bisa menahan kantong supaya tegak berdiri.

Terus, supaya praktis, kantong laundry ini juga nantinya bakal dikasih resleting seukuran 10-15 baju. Supaya kalo orang yang mau ngelaundry ini punya sedikit baju aja, ukuran tasnya bisa disesuaikan dan nggak bikin berantakan.

Wah, asik banget ya sob. Bayangin deh, bakalan jadi semudah dan seramah lingkungan apa kehidupan asrama lo dengan pake kantong laundry ramah lingkungan ini? (*)

Penulis: Syifa Nuri Khairunnisa/ HAI

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest