Berukuran Seperti Dinosaurus, Inilah Spesies Burung Terbesar di Dunia

Bayu Galih Permana - Kamis, 27 September 2018 | 19:37
Ilustrasi burung gajah
Live Science

Ilustrasi burung gajah

HAI-Online.com - Menurut kalian, burung apa sih yang memiliki ukuran paling besar di dunia ini sob, burung unta? Kalau iya, berarti tebakan kalian salah nih.

Jadi, menurut sebuah studi di jurnal Royal Society Open Science, para ilmuwan berhasil mengindentifikasi spesies burung gajah dengan ukuran besar yang mereka sebut dengan Vorombe Titan.

Bahkan, saking besarnya, spesies ini memiliki postur badan sangat besar seperti seekor dinosaurus jenis Europasaurus yang memiliki berat rata-rata mencapai 800 kilogram.

Saat berdiri burung yang hidup di Madagaskar 1000 tahun yang lalu itu akan setinggi 3 meter atau 20 cm lebih tinggi dari burung unta.

Temuan ini didapat berdasarkan analisis ratusan tulang burung gajah yang udah nggak utuh lagi dari museum di seluruh dunia, untungnya Hansford mampu merancang program komputer untuk mengisi bagian-bagian yang kosong.

"Ini benar-benar mengejutkan. Aku pikir burung terbesar adalah Aepyornis Maximus dan Vorombe Titan hanyalah contoh yang lebih besar dari spesies yang sama," kata James Hansford, peneliti di Zoological Society of London Institute of Zoology.