Follow Us

Para Introver Di Sekolah Ingin Kamu Tahu Hal-hal Ini Tentang Kepribadiannya

Rizki Ramadan - Kamis, 27 September 2018 | 14:07
Anak sekolah SMA sedang bergaul dengan teman-temannya
HAI

Anak sekolah SMA sedang bergaul dengan teman-temannya

HAI-online.com - Kepribadian kita itu mempengaruhi cara belajar dan cara kita bersosialisasi di sekolah. Kalau bisa menemukan situasi yang pas dengan kepribadiannya, pasti bisa nyaman banget.

Tapi, di sekolah ada banyak temen yang punya kepribadian beda-beda. Mereka yang ekstrovert suka ngobrol dengan siapa pun dan lebih vokal saat bicara, karena dari cara itu mereka mendapatkan energi. Sementara anak yang introvert bakal lebih maksimal kalau dikasih ruang untuk dirinya sendiri.

"Mereka yang introvert mencoba mengurangi jumlah stimulasi dari luar dengan bersikap pasif dan memilih lebih sedikit topik tapi mendalam," kata Dr Tami Isaac

Di kelas, murid yang introvert mungkin terlihat jarang gabung nongkrong, kalau pun gabung, mereka hanya menjadi pendengar yang sesekali menimpali obrolan.

Keinginan introvert untuk gabung atau berpartisipasi di kelompok tergantung tempramen anak-anak lain di kelompok tersebut.

Karena itulah, anak yang introver bakal seneng tuh kalau ada anak ekstrovert yang menyadari potensinya dan ngajak untuk aktif. Sebenernya, anak introvert juga jago untuk menjelaskan materi pelajaran.

Baca Juga : Perlu Kita Tahu! Ternyata Ini 5 Hal yang Paling Dibenci Introvert

Tak Suka Tampil, Tapi Suka Mendalami

Kalau dipaksa maju ke depan kelas untuk ngomong atau memperagakan sesuatu, mungkin seorang introvert akan awkward dan sungkan, tapi kalau udah disuruh mikirin ide, atau bikin-bikin sesuatu, introvert akan menyukainya.

Nah, kalau lo adalah seorang ekstrovert jadilah teman yang baik bagi introvert dengan nggak sering-sering mempertanyakan atau malah mengejek keengganannya untuk gabung.

Kata-kata, "Kok, lo diem aja sih?", "Jangan ansos dong," atau "Pokoknya lo yang harus maju ke depan nanti." bakal bikin introvert nggak nyaman.

Jangan pula nganggep kalau introvert itu nggak tau apa-apa sehingga mereka diem aja. Diam bukan berarti nggak tahu, sob. Mereka yang introver suka untuk memahami betul-betul dulu suatu masalah dan mempersiapkan apa yang mau diomonginnya lebih dulu. Kalau emang belum siap, ya mereka bakal lebih suka diem.

Pokoknya, apa pun jenis kepribadian lo jadilah teman yang baik.

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest