Follow Us

Band Post Hardcore Jakarta, Rekah, Bicara Soal Bullying di Lagu Baru

Alvin Bahar - Rabu, 19 September 2018 | 18:17
Rekah
Rekah

Rekah

HAI-ONLINE.COM - Setelah meluncurkan EP perdananya yang berkisah tentang gangguan mental sekitar setahun lalu, band post hardcore asal Jakarta, Rekah, kembali dengan sebuah ajakan untuk berbicara tentang perundungan, atau mungkin biasa kita kenal dengan padanannya dalam Bahasa Inggris: bullying. Perundungan adalah hal yang berbahaya. Ia dapat meninggalkan luka yang sulit disembuhkan, baik pada korban maupun pelaku. Pada November 2015, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mencatat bahwa 40% korban bunuh diri melakukannya akibat perundungan. Sialnya, masih banyak orang yang menyepelekan masalah ini. Mereka nggak punya statistik untuk mendukung klaim ini, tapi sebagai kumpulan begundal, mereka tentu tak ambil pusing.

Baca Juga : Nggak Terasa, 5 Video Klip Lagu Pop Punk Ini Usianya Sudah 10 Tahun! Buat Rekah, musik selalu adalah tentang membuka ruang untuk bersuara. Lewat pengumuman yang diunggah di kanal YouTube-nya, Faiz, vokalis dari Rekah berbagi kisahnya tentang perisakan yang dia alami dan bagaimana hal tersebut memengaruhi hidupnya. Ia yakin bahwa banyak yang mempunyai pengalaman yang serupa, baik sebagai korban maupun pelaku.

“Di sinilah kami masuk mengambil alih untuk meluncurkan materi terbaru dari Rekah. Rilisan yang berjudul …and you’re still thinking there’s no such thing as “Gulag”? ini akan diluncurkan dalam dua bentuk: video musik dan zine,” tulis Hantu Recs and Publishing di rilis pers yang HAI terima. Lewat video musik yang disutradarai oleh Johan Junior, sutradara muda sekaligus penabuh drum dari Rekah, mereka ingin bercerita tentang bagaimana perundungan bisa berkerak di benak para korbannya.

Dari luar mungkin mereka terlihat sehat-sehat saja, namun melongoklah ke dalam dan kamu bisa melihat betapa dalamnya luka yang ditinggalkan oleh tradisi yang menyebalkan ini. Selain video, Hantu Recs and Publishing juga akan merilis materi terbaru ini dalam wujud zine yang bisa dipesan via akun Instagram.Di dalamnya akan ada beberapa teks dan cerita tentang perundungan. Dengan zine ini, kami ingin membantu membuka sedikit ruang untuk mengamplifikasi suara para korban. “Di akhir zine, kami juga mencantumkan kode untuk mengunduh lagu ini via laman Bandcamp kami,” lanjutnya.Label asal Jakarta tersebut sadar serentetan rilisan ini tak akan mengentaskan budaya perundunga seluruhnya. “Toh, musik dan zine tak pernah menjadi medium yang cukup lapang untuk membahas sebuah fenomena sosial secara mendalam,” katanya.Lewat inisiasi ini, Rekah dan Hantu Recs and Publishing hanya berharap untuk membuka sedikit ruang baru untuk berdialog tentang perundungan dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi mereka yang terlibat, baik sebagai korban, maupun pelaku.Simak video klipnya di bawah ini:

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest