Follow Us

Dirut LRT Jakarta Jawab 5 Keluhan Penumpang Selama Masa Uji Coba

Rizki Ramadan - Jumat, 14 September 2018 | 10:18
Penumpang LRT di masa uji coba
Ricky Martin

Penumpang LRT di masa uji coba

HAI-online.com - Temen-temen yang rumahnya di sekitaran Rawa Mangun, pasti setahun ini ngerasain perjuangan melewati kemacetan gegara pembangunan jalur LRT. Kabar baiknya, sekarang kemacetan udah reda, tuh. Moda transportasi baru kita, light rail transit (LRT) jalur Velodrome-Kelapa Gading udah mulai rampung. Asik

Sejak 15 Agustus lalu sampai 14 September ini, LRT juga sudah diuji coba. Beruntung, HAI ikut nyobain kemarin, Kamis (13/09). Kabarnya, LRT akan dibuka untuk umum pada Desember 2018 nanti. Sabar dulu yah.

Nah, dari hasil uji coba sebulan ini, PT LRT dapet beberapa catatan penting yang bakal jadi bahan evaluasi. Pak Allan Tandiono, Direktur Utama PT LRT Jakarta cerita ke HAI, setidaknya ada 3 keluhan penting yang bakal ditangani.

Apa aja, tuh? Simak nih:

Allan Tandiono, Dirut PT LRT Jakarta
Ricky Martin

Allan Tandiono, Dirut PT LRT Jakarta

1. Gap antar kereta dan peron beda-beda

Pak Allan mendapat masukan dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan setelah uji coba LRT. Katanya, jarak antar peron di stasiun dan kereta masih beda-beda. Ada yang jaraknya jauh ada yang kecil jaraknya.

"Itu bikin LRT jadi kurang ramah untuk para disabilitas dan anak kecil. Apalagi untuk penunmpang yang buru-buru, hape bisa jatuh. Kami akan mengevaluasi. Nantinya, kami akan memasang karet di (tepi) peron untuk mengurangi gap yang ada," kata Pak Allan.

2. Suhu AC Yang Berubah-ubah

Bagi Pak Allan, suhu di dalam LRT itu penting banget untuk menjaga kenyamanan penumpang. Apalagi, kebanyakan penumpang harus berdiri sepanjang perjalanan.

Nah, pak Allan kemarin dapat masukan dari penumpang yang mengeluh soal suhu AC yang rendah sehingga bikin gerah penumpang.

Pak Allan langsung mengklarifikasinya, "Ada yang bilang, suhu AC nggak dingin. Jadi gini, saat jam 2 siang, penumpang nggak begitu banyak. Jadi, masinis menurunkan suhu AC. Nah, di jam 3 penumpang lebih rame. Suhunya jadi terasa nggak dingin."

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest