Follow Us

Duh! SMK di Batam Jebloskan Siswanya ke SePenjara dan Diajari Menembak

Dewi Rachmanita - Jumat, 14 September 2018 | 18:26
Konferensi pers KPAI terkait sekolah swasta semi-militer yang memiliki sel tahanan di Batam, Kepulau

Konferensi pers KPAI terkait sekolah swasta semi-militer yang memiliki sel tahanan di Batam, Kepulau

HAI-Online.com - Pernah terbayang nggak bro kalau salah di sekolah lo bakal dijebloskan di sel tahanan? Ternyata hal itu emang beneran terjadi.

Belum lama ini, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengungkap nih sebuah sekolah swasta di Batam, Kepulauan Riau menerapkan sistem semi-militer dalam pendidikannya. Nggak cuma itu, ada praktetk kekerasan juga yang berlangsung di sekolah tersebut.

Dikutip dari Kompas.com, Komisioner KPAI Bidang Pendidikan Retno Listyarti bilang kalau proses pembelajaran di sekolah tersebut lebih banyak menyangkut hal-hal berbau militer, bahkan yang melibatkan senjata bro!

Baca Juga : Sering Ngupil Sembarangan Bisa Ngundang Penyakit yang Diderita Olga Syahputra!

"Proses belajar mengajar tidak berjalan sebagaimana mestinya karena kurang porsi jam belajar dengan guru lainnya. Siswa tidak fokus belajar, tapi fokus latihan semi-militer," ujar Retno saat konferensi pers di Kantor KPAI Rabu (12/9/2018) kepada Kompas.com.

Diajarkan menembak dengan senapan angin

Bukannya belajar mengajar seperti pada umumnya, para siswa malah diajarkan cara menembak dengan senapan angin. Di sekolahnya pun ditemukan senjata. Siswa pun diajarkan juga bro mengemudikan mobil Dalmas milik sekolah.

Sekolah kejuruan yang udah berdiri sejak 5 tahun tersebut pun punya sel tahanan tersendiri. Tujuan adanya sel tahanan itu pun disinyalir sebagai tindakan pendisiplinan murid bro.

Menurut Retno, proses belajar mengajar pun jadi nggak maksimal sebagiamana mestinya. Porsi jam belajar dengan guru jadi berkuran karena mesti lebih fokus latihan semi-militer.

Baca Juga : Susah Streaming Japan Open 2018? Nih Akun Twitter yang Live Tweet

RS mesti diborgol dan ditahan dalam sel

Nah bro, kabar ini juga terungkap lantaran ada salah satu siswa berinisial RS yang ditahan selama 2 malam. RS yang berusia 17 tahun tersebut dikabarkan mengalami tindakan nggak pantas, seperti diborgol, ditampar, dan berakhir ditahan dalam sel.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest