Follow Us

Temajuk, Tempat Liburan Keren yang Berada di Batas Indonesia-Malaysia

- Selasa, 11 September 2018 | 18:12
Temanjuk, wisata perbatasan Indonesia dan Malaysia
https://travel.kompas.com/read/2017/11/10/151100227/tujuan-wisata-kelas-dunia-di-perbatasan-itu-bern

Temanjuk, wisata perbatasan Indonesia dan Malaysia

HAI-ONLINE.COM - Kalian tentu tahu, kan? Bukan cuma negara Timor Leste dan Papua Nugini yang memiliki perbatasan darat dengan negara kita.Perbatasan darat Indonesia dan Malaysia ini terletak di provinsi Kalimantan Barat.Nah, daerah yang menjadi perbatasan Indonesia dan Malaysia, bisa menjadi tempat wisata yang menyenangkan, lho.Salah satu wisata di perbatasan Indonesia-Malaysia adalah Desa Temajuk, yang terletak di Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.

Baca Juga : Ini Dia 20 Negara Termalas di Dunia, Spoiler: Nggak Ada IndonesiaDesa Temajuk adalah bagian paling ujung dari pulau Kalimantan, teman-teman.Desa Temajuk ini merupakan desa terakhir di pesisir utara Kalimantan BaratMakanya, desa ini juga biasa disebut sebagai 'ekornya' pulau Kalimantan!Di sana sudah ada banyak sekali homestay atau penginapan, sehingga kita bisa berlama-lama tinggal di sana.Yang paling terkenal di desa ini tentunya adalah wisata pantainya.

Ada Penyu dan Ubur-Ubur

Kecamatan Paloh memiliki garis pantai yang sangat panjang, teman-teman.Menariknya di sana, ada 63 kilometer area pantai yang menjadi tempat peneluran penyu!Pada saat musim puncak bertelur bagi penyu, akan ada puluhan penyu yang naik untuk bertelur di malam hari, lho.Penyu-penyu ini banyak bertelur di sana sekitar bulan Juni sampai September.Yang lebih unik dari pantai-pantai lainnya di Indonesia, ada banyak ubur-ubur di Temajuk.Di bulan Maret - April, masyarakat akan melakukan panen ubur-ubur.Ubur-ubur di sana merupakan jenis yang bisa dimakan, teman-teman. Namanya ubur-ubur cendol.Dinamakan begitu, karena bentuk kepalanya yang seperti cendol. Hihi..Makanan khas dengan bahan ubur-ubur di sana adalah rujak ubur-ubur.Penasaran nggak sih, bagaimana rasanya?Oya, meskipun sedang banyak ubur-ubur di sana, kita tetap bisa bermain air di area pantai, kok.Karena ubur-ubur berenang di area yang agak ke tengah laut.Selain itu, kuliner favorit para wisatawan adalah ikan yang banyak pilihannya di sana.Kalo sedang musim, kita juga bisa mencicipi menu olahan lobster, teman-teman.

Wisata Alam Yang Lengkap Ada di Sini

Seperti di Belitung, Temanjuk juga memiliki batu-batuan granit berwarna putih.Karenanya ada juga pantai yang berbatu, ada juga pantai yang berpasir.Kalau tertarik untuk melihat hutan mangrove, di Temanjuk juga ada, lho!Kita akan dibawa menyusuri sungai yang di kanan-kirinya dipenuhi mangrove.Kalau beruntung, kita juga bisa melihat langsung satwa bekantan yang ada di sana.Wah, benar-benar wisata alam Indonesia yang lengkap, ya!

Artikel ini pertama kali tayang di Bobo.id dengan judul "Mau Berlibur di Batas Negara Indonesia dan Malaysia? Yuk, ke Temajuk!"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest